Rabu, 26 Februari 2020 03:51

Warga Gladak Anyar Pamekasan Temukan Puluhan Bahan Peledak

Senin, 26 Agustus 2019 17:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Warga Gladak Anyar Pamekasan Temukan Puluhan Bahan Peledak
Kapten CPL Tukiran Katimhar Madura (kiri) saat mengecek bahan peledak yang ditemukan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Faisal Fagi (32) menemukan 14 bahan peledak di belakang rumahnya, Dusun Rong Karong, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota Pamekasan, Madura, Ahad, 25 Agustus 2019.

Penemuan puluhan benda karatan yang diduga proyektil itu ditemukan saat Faisal Fagi sedang menggali tanah di belakang rumahnya untuk bahan timbunan. Sedikitnya, ada sekitar 14 butir bahan peledak yang sudah karatan karena termakan usia tahunan yang tertimbun tanah.

"Benda itu saya temukan di belakang rumah pada saat saya menggali tanah di belakang rumah untuk membuat urukan tanah pada pondasi rumah saya yang baru dibangun," kata Faisal Fagi, saat ditemui di rumahnya, Senin (26/08/19).

Karena khawatir meledak, Faisal Fagi langsung melapor ke Kodim 0826/Pamekasan perihal temuan tersebut. Pihak Kodim langsung turun ke lokasi, kemudian membawa bahan peledak tersebut untuk dilakukan pengecekan dan netralisir.

Untuk mengecek benda tersebut, pihak Kodim 0826/Pamekasan juga melibatkan Kepala Tim Pemeliharaan (Katimhar) Madura, guna memastikan benda itu bahan peledak atau bukan.

Menurut Kapten CPL Tukiran Katimhar Madura, bahwa benda temuan warga yang diduga proyektil itu bukan amunisi standar TNI-Polri. Hanya saja, benda itu dipastikan sebagai benda handak yang sudah nonaktif karena sudah karatan tertimbun tanah selama tahunan.

Dia juga memperkirakan, bahwa benda itu dulunya dipergunakan oleh warga untuk memecahkan batu. "Bahan peledak itu bukan milik TNI atau Polri. Oleh sebab itu nantinya pihak Kodim akan menyerahkan ke polres setempat," jelas Kapten CPL Tukiran.

Bukan hanya kali ini saja bahan peledak tersebut ditemukan oleh warga setempat. Namun, beberapa tahun silam juga pernah ditemukan. Saat dilakukan pengecekan, di dalam barang itu terdapat serbuk kimia. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...