Warga Gladak Anyar Pamekasan Temukan Puluhan Bahan Peledak

Warga Gladak Anyar Pamekasan Temukan Puluhan Bahan Peledak Kapten CPL Tukiran Katimhar Madura (kiri) saat mengecek bahan peledak yang ditemukan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Faisal Fagi (32) menemukan 14 bahan peledak di belakang rumahnya, Dusun Rong Karong, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota , Madura, Ahad, 25 Agustus 2019.

Penemuan puluhan benda karatan yang diduga proyektil itu ditemukan saat Faisal Fagi sedang menggali tanah di belakang rumahnya untuk bahan timbunan. Sedikitnya, ada sekitar 14 butir bahan peledak yang sudah karatan karena termakan usia tahunan yang tertimbun tanah.

"Benda itu saya temukan di belakang rumah pada saat saya menggali tanah di belakang rumah untuk membuat urukan tanah pada pondasi rumah saya yang baru dibangun," kata Faisal Fagi, saat ditemui di rumahnya, Senin (26/08/19).

Karena khawatir meledak, Faisal Fagi langsung melapor ke Kodim 0826/ perihal temuan tersebut. Pihak Kodim langsung turun ke lokasi, kemudian membawa bahan peledak tersebut untuk dilakukan pengecekan dan netralisir.

Untuk mengecek benda tersebut, pihak Kodim 0826/ juga melibatkan Kepala Tim Pemeliharaan (Katimhar) Madura, guna memastikan benda itu bahan peledak atau bukan.

Menurut Kapten CPL Tukiran Katimhar Madura, bahwa benda temuan warga yang diduga proyektil itu bukan amunisi standar TNI-Polri. Hanya saja, benda itu dipastikan sebagai benda handak yang sudah nonaktif karena sudah karatan tertimbun tanah selama tahunan.

Dia juga memperkirakan, bahwa benda itu dulunya dipergunakan oleh warga untuk memecahkan batu. "Bahan peledak itu bukan milik TNI atau Polri. Oleh sebab itu nantinya pihak Kodim akan menyerahkan ke polres setempat," jelas Kapten CPL Tukiran.

Bukan hanya kali ini saja bahan peledak tersebut ditemukan oleh warga setempat. Namun, beberapa tahun silam juga pernah ditemukan. Saat dilakukan pengecekan, di dalam barang itu terdapat serbuk kimia. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO