Telantarkan Anak Didik, Bupati Situbondo Copot Kepala SDN 8 Curah Tatal

Telantarkan Anak Didik, Bupati Situbondo Copot Kepala SDN 8 Curah Tatal Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Kasus penelantaran anak didik di SDN 8 Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa oleh guru-gurunya membuat Bupati Dadang Wigiarto kecewa. Ia pun memberikan sanksi tegas kepada kepala sekolah.

Sanksi tegas berupa pencopotan Mujiono dari jabatannya sebagai kepala sekolah diambil Bupati karena ia dianggap lalai menjalankan tugasnya.

“Akibat kelalaiannya dan tak melaksanakan tugasnya, maka saya memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten untuk mencopot jabatan Mujiono sebagai Kepala Sekolah Filial SDN 08 Curah Tatal,” kata Bupati Dadang Wigiarto, Senin (12/8).

Dadang menjelaskan bahwa kewenangan Kepala Sekolah, Pengawas dan Korwil seharusnya melakukan fungsi kontrol dan melaporkan setiap persoalan yang ada di wilayahnya masing-masing, namun fungsi kontrol tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya.

“Dia telah lalai dalam fungsi kontrolnya, dan kelalaian tersebut harus dipertanggungjawabkan. Untuk itu, per hari ini dia mendapat sangsi pencopotan jabatan sebagai kepala sekolah,” ujarnya.

Bupati dua periode tersebut menyayangkan persoalan di SDN Filial tidak kunjung selesai, padahal masalah tersebut sudah berlangsung sejak lama. Di mana siswa belajar hanya seminggu sekali tanpa guru.

"Di SDN Filial Kerpang memiliki 18 siswa dari siswa kelas I hingga VI. Sedangkan SDN filial Cobbu’ memiliki 23 siswa mulai kelas I hingga kelas VI, dengan jumlah guru sebanyak 13 bersama kepala sekolahnya. Maka, sebenarnya mereka bisa melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, dengan pembagian tugas masing-masing," terangnya.

Lebih lanjut Dadang menegaskan, tidak menutup kemungkinan, kepala sekolah Filial SDN 08 Curah Tatal diberhentikan dari Aparat Sipil Negara (ASN), jika dari hasil investigasi yang bersangkutan ditemukan pelanggaran disiplin.

"Sekarang Dispendikbud serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sedang melakukan penelitian, apakah kepala sekolah yang bersangkutan melanggar disiplin. Jika ditemukan pelanggaran disiplin, tidak menutup kemungkinan akan dipecat dari ASN," pungkasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya sejumlah guru honorer di SDN 8 Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa tidak mau mengajar. Akibatnya sejumlah anak didik di sekolah dasar tersebut terlantar. Kejadian tersebut membuat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Fathor Rakhman bersama Ketua Komisi IV DPRD , Janur Sastra Ananda turun meninjau langsung ke lokasi. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO