Dinas Pertanian Provinsi Jatim Gelar MTS

Dinas Pertanian Provinsi Jatim Gelar MTS Program MTS di Kecamatan Beji.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura  Laboratorium PHPTPH Pasuruan menggelar manajemen tanaman sehat (MTS). Kegiatan tersebut tersebut meliputi penerapan sistem budidaya perlindungan tanaman, sistem perlindungan pangan, manajemen sarana dan prasarana.

Program MTS dilakukan di Kecamatan Beji di 3 desa, yakni Kelurahan Glagang, Desa Beji, dan Desa Cangkringmalang. Tiga wilayah itu dijadikan ujicoba penanaman padi dengan sistem pengolahan yang benar, masing-masing 50 ha. Selain itu juga dilakukan demontrasi plot uji varietas padi dan jagung menggunakan pupuk organik dan agens pengandali hayati dan defoliasi.

Menurut keterangan Muhamad Fikri S.T.P dari UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Laboratorium PHPTPH Pasuruan, MTS bertujuan menghasilkan tanaman yang sehat, memberdayaka npetani dalam penerapan prinsip PHT (pengendalian hama terpadu), dan memperkuat kelembagaan petani di tingkat desa.

"Kami melibatkan langsung kelompok petani dalam penerapan teknologi mulai awal penggarapan, penggunaan pupuk organik, dan penngendalian hama. Sebelum kegiatan dimulai, kita lakukan pertemuan dengan kelompok tani sebanyak 25 orang untuk perencanaan kebutuhan,” jelasnya.

"Harapannya nanti program MTS yang dilaksanakan ini bisa disebarluaskan kepada masyarakat atau petani lainya untuk dikembangkan dan diterapkan cara mengelola tanaman pertanian yang benar. (bib/par/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO