Undang ​Silaturahim, Wali Kota Madiun Harap Banser Jadi Barometer Ormas Lain

Undang ​Silaturahim, Wali Kota Madiun Harap Banser Jadi Barometer Ormas Lain Wali Kota Madiun Maidi saat memberikan sambutan.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com – Peran masyarakat dalam menjaga kondusivitas tidak dapat dipandang sebelah mata, terutama saat gelaran Pileg dan Pilpres lalu. Tanpa peran masyarakat dengan berbagai organisasinya, kondusifitas di Kota Madiun akan sulit diwujudkan.

Tak terkecuali Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang cukup berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Madiun. Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi akan peran Banser tersebut.

"Seperti kita ketahui, Pileg dan Pilpres kemarin berjalan lancar. Ada peran masyarakat di dalamnya. Termasuk Banser. Terima kasih atas semua yang telah dilakukan," kata Maidi saat silaturahmi dengan Banser Kota Madiun di rumah dinas wali kota, Selasa (6/8).

Banser, kata wali kota, bukan hanya pasukan keamanan. Namun, kondisional. Sebab, bisa melekat dalam kegiatan apa saja. Termasuk lintas agama sekalipun. Inilah keberagaman.

Wali kota menyebut Banser merupakan pasukan serba bisa. Terbukti dari pembagian kesatuan di Banser. Banser Tanggap Bencana (Bagana), Banser Lalu Lintas (Balantas), Banser Protokoler, Banser Pemadam Kebakaran (Baraker), hingga pasukan khusus Banser Densus 99 Asmaul Husna yang bertugas 24 on call menjaga kiai dan keutuhan NKRI. Apalagi, anggota Banser cukup banyak. Ini tentu akan sangat membantu. Wali kota berharap peran Banser terus ditingkatkan hingga menjadi barometer ormas-ormas yang lain.

"Apa yang sudah baik ini harus ditingkatkan. Karena Banser dibutuhkan masyarakat," imbuhnya.

Apalagi, banyak kegiatan di Kota Madiun ke depan. Terutama yang berkaitan dengan keagamaan. Pemkot rencananya akan mengundang Emha Ainun Najib dan musik religi Sabyan saat peringatan Hari Santri nanti. Selain itu, kirab gunungan saat Muharam.

Kegiatan di Bulan Suro nanti juga akan lebih padat. Sepak bola santri rencananya akan digelar. Selain itu, pemkot berencana menggelar kejuaraan pencak silat sebulan penuh di Alun-alun. Rencananya, setiap perguruan diberikan waktu tiga hari untuk tampil. Tak heran, Kota Madiun akan semakin meriah ke depan.

"Kalau Banser semakin banyak, masjid akan makmur masyarakat akan tenang dan nyaman. Inilah wujud pengabdian Banser yang secara suka rela membantu tanpa ada pamrih," jelasnya sembari berharap Banser semakin menjaga kerukunan. (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO