Sabtu, 25 Januari 2020 13:26

Tak Izin Pemilik Lahan, Warga Hentikan Survei Seismik 3D PHE TEJ

Selasa, 06 Agustus 2019 14:15 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Tak Izin Pemilik Lahan, Warga Hentikan Survei Seismik 3D PHE TEJ
Survei seismik yang dilakukan PHE TEJ di Dusun Koro, Desa Pompongan, Kecamatan Merakurak.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekelompok warga Dusun Koro, Desa Pompongan, Kecamatan Merakurak menghentikan aktivitas survei seismik 3D Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) yang berlangsung di wilayah setempat, Selasa (6/8).

Warga desa yang merupakan pemilik lahan menolak karena pengeboran itu dilakukan tanpa meminta izin terlebih dahulu. Penolakan itu dilakukan warga dengan mengusir para pekerja yang sedang melakukan pengeboran.

Salah satu warga desa, Dedi mengaku, sejatinya tak mempermasalahkan tanahnya akan dibor. Namun, ia meminta ada ganti rugi atas tanah yang dilakukan pengeboran. "Dari awal saya sudah bilang kalau ada ganti rugi lahan tidak apa-apa dibor. Tapi kalau tidak ada, ya jangan dibor tanah saya," katanya.

Ia mengaku sudah menyampikan permintaan ganti rugi tersebut saat hadir dalam sosialisasi di tingkat desa. "Intinya saya setuju (ada pengeboran, red) tapi harus ada ganti rugi yang jelas, biar sama-sama enak," ujarnya.

Suara lebih lantang diutarakan Tabah, warga lainnya. Dirinya secara terang-terangan menolak aktivitas pengeboran yang dilakukan Pertamina Hulu Energi di atas lahan milik keluarganya. Selama ini, Tabah mengaku pihaknya tidak pernah merasa dimintai izin oleh para pekerja untuk melakukan pengeboran di lahannya.

"Saya sekeluarga belum pernah diberitahu adanya kegiatan pengeboran ini. Tiba-tiba sekarang sudah 3 titik yang dibor. Ini kan namanya penyerobotan lahan mas," ujarnya dengan nada kesal.

Untuk itu, dirinya meminta agar para pekerja menghentikan aktivitasnya karena tidak melakukan izin kepada para pemilik lahan. "Minimal kalau masuk kampung orang izin dulu lah. Tidak asal ngebor sana-sini. Sosialisasi tidak cukup sampai di tingkat desa, harus secara door to door bagi lahan yang akan dibor, agar mereka benar-benar paham," tegasnya.

Karena adanya penolakan dari warga setempat, aktivitas pengeboran di wilayah setempat sementara diberhentikan sembari dilakukan pembicaraan lebih lanjut dengan warga.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Pertamina belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Pihak Pertamina yang berada di lokasi kejadian juga tidak berkenan untuk dimintai keterangan. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...