Kadisnaker Sebut Pengangguran di Lamongan Masih Tinggi

Kadisnaker Sebut Pengangguran di Lamongan Masih Tinggi Kadisnaker Kabupaten Lamongan, Hamdani Azhari.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Angka di Kabupaten masih mencapai 20.600 orang. Hal ini masih terbilang tinggi, seperti disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten , Hamdani Azhari, Senin (5/8).

Menurut Hamdani, sebagai upaya menyiapkan tenaga kerja siap pakai pihaknya kini terus menggelar pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi dan masyarakat di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker.

Dikatakannya, pelatihan berbasis kompetensi dan masyarakat di antaranya, hand skill 30-36 hari. Roda dua, empat, pengelasan, menjahit, prosesing tata boga, pertukangan, teknologi mekanikal, dan lain-lain.

Lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker tersebut banyak yang terserap di sejumlah perusahaan. "Dari sebanyak 472 orang yang ikut pelatihan di Disnaker, sudah banyak yang diserap entrepreneur. Sekitar kurang lebih 2,0 persen," katanya.

Dani berharap, berbagai upaya tersebut dapat menurunkan angka di Kabupaten . Pada 2017, angka sebesar 4,12 persen atau 26.300 orang, turun menjadi 20.600 orang atau 3,17 persen pada tahun 2018.

Dikatakan Hamdani, Jumlah yang masih tinggi ini disebabkan karena peluang dan lowongan kerja yang terbatas dan juga jumlah lowongan yang disediakan tak sesuai dengan kejuruan atau lulusan SMK.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO