Kamis, 12 Desember 2019 03:28

Kadisnaker Sebut Pengangguran di Lamongan Masih Tinggi

Senin, 05 Agustus 2019 10:39 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Kadisnaker Sebut Pengangguran di Lamongan Masih Tinggi
Kadisnaker Kabupaten Lamongan, Hamdani Azhari.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Angka pengangguran di Kabupaten Lamongan masih mencapai 20.600 orang. Hal ini masih terbilang tinggi, seperti disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lamongan, Hamdani Azhari, Senin (5/8).

Menurut Hamdani, sebagai upaya menyiapkan tenaga kerja siap pakai pihaknya kini terus menggelar pelatihan-pelatihan berbasis kompetensi dan masyarakat di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker.

Dikatakannya, pelatihan berbasis kompetensi dan masyarakat di antaranya, hand skill 30-36 hari. Roda dua, empat, pengelasan, menjahit, prosesing tata boga, pertukangan, teknologi mekanikal, dan lain-lain.

Lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Lamongan tersebut banyak yang terserap di sejumlah perusahaan. "Dari sebanyak 472 orang yang ikut pelatihan di Disnaker, sudah banyak yang diserap entrepreneur. Sekitar kurang lebih 2,0 persen," katanya.

Dani berharap, berbagai upaya tersebut dapat menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Lamongan. Pada 2017, angka pengangguran sebesar 4,12 persen atau 26.300 orang, turun menjadi 20.600 orang atau 3,17 persen pada tahun 2018.

Dikatakan Hamdani, Jumlah pengangguran yang masih tinggi ini disebabkan karena peluang dan lowongan kerja yang terbatas dan juga jumlah lowongan yang disediakan tak sesuai dengan kejuruan atau lulusan SMK.

"Selain itu new graduated (lulusan baru) dari SMA/SMK setiap tahun lebih banyak daripada serapan tenaga kerja," katanya

Tidak hanya itu, tambah Hamdani, faktor lain adalah masih ada rasa gengsi dan tidak optimal lulusan ini saat sudah mendapatkan kerja. Mereka berharap dengan pekerjaan yang tak terlalu kerja keras, namun dengan gaji yang besar.

Sementara untuk menekan angka pengangguran yang terus bertambah ini, Disnaker Lamongan berupaya membuka lowongan pekerjaan. Salah satunya, sesering mungkin menggelar bursa kerja, melalui job market fair mini yang diselenggarakan di lembaga-lembaga sekolah.

Hamdani menjelaskan dengan job market fair mini ini, mereka para lulusan sekolah yang berada di lingkungan penyelenggaraan job market fair bisa mencari peluang kerja yang sesuai dengan kejuruan mereka dan tidak perlu jauh-jauh mencari kerja.

Job market fair mini ini melibatkan sejumlah perusahaan besar yang setiap tahunnya selalu membuka peluang kerja bagi lulusan sekolah kejuaruan maupun lulusan umum. Rata-rata mereka yang mengikuti job market fair kadang diterima bekerja sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan. (qom/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...