Jumat, 22 November 2019 09:40

Sertifikat Tanah Ditahan Bulog Banyuwangi, Kuasa Hukum Menik Kirim Somasi Pertama

Rabu, 31 Juli 2019 11:31 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Ganda Siswanto
Sertifikat Tanah Ditahan Bulog Banyuwangi, Kuasa Hukum Menik Kirim Somasi Pertama
Kuasa hukum Menik, Sugeng Hariyanto, S.H.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Menik, warga Kelurahan Tukangkayu Banyuwangi merasa kesulitan untuk mendapatkan sertifikatnya kembali. Sebab, keberadaan sertifikat rumah atas nama Musa Atim, suami dari Menik, berpindah tangan dan dijadikan jaminan oleh tetangganya ke pihak Bulog Banyuwangi.

Hal ini membuat kuasa hukum yang ditunjuk oleh Menik melayangkan somasi pertama ke Bulog pada hari Senin, 29 Juli 2019 kemarin.

Menik yang percaya pada karabatnya bernama Rosita Martalita berniat untuk minta tolong agar menjualkan rumahnya dengan menyerahkan sertifikatnya yang asli. Tanpa ada rasa curiga pada Rosita yang masih tetangga dekat itu, akhirnya sertifikat rumah diberikan begitu saja oleh Menik pada Rosita.

Selang beberapa bulan ke depannya, Rosita tidak ada kabar dan tiba-tiba diketahui sertifikat tersebut sudah ada di pihak Bulog Banyuwangi.

Saat dikonfirmasi terkait pemasalahan sertifikat atas nama suami Menik, Selasa (30/7/2019), kuasa hukum yang ditunjuk Menik Sugeng Hariyanto, S.H. dan Nanang Slamet, S.H. mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat somasi pertama kepada Bulog Banyuwangi.

Menurut dia, ada yang janggal dari penahanan sertifikat milik Musa Atim suami dari Menik di sana, karena tidak ada hubungan khusus dengan pihak Bulog.

"Secara yuridis, peristiwa hukumnya ada indikasi tindak pidana tentang kejahatan kekayaan harta benda milik orang lain yang tercantum dalam pasal 372 dan pasal 378. Yang punya masalah adalah Rosita, kenapa jaminan kok diterima, padahal sertifikat bukan atas namanya, berarti perusahaan BUMN tidak benar itu," jelas Sugeng

Sugeng mengungkapkan, antara Rosita dengan Bulog memang ada jalinan bisnis. Dan sertifikat atas nama Musa Atim sebagai formalitas jaminan hubungan kerja antara Rosita Martalita dengan Bulog Banyuwangi terkait pengambilan gula.

“Anehnya, kenapa pihak Bulog menerima barang yang dijaminkan mitranya, meskipun bukan atas nama sendiri kepemilikannya. Berarti di sini ada yang dikorbankan, yaitu klien kami (Menik),” tambahnya.

"Somasi yang kami layangkan ini merupakan bentuk keseriusan kami selaku kuasa hukum Menik, Apabila diabaikan dan tetap menahan sertifikat itu, kami akan lanjutkan perkara ini ke pengadilan," tandas Sugeng.

Kepala Sub Bulog Divre XI Banyuwangi David Susanto saat dikonfirmasi di kantornya membenarkan adanya penahanan sertifikat tersebut. Katanya, sertifikat tersebut akan diberikan setelah Rosita keluar dari penjara.

“Permasalahan ini sebenarnya sudah lama, tapi kami berusaha sebaik mungkin tetap menyimpan dengan aman sertifikat itu. Kami bisa berikan apabila Rosita sudah keluar dari penjara,” terang David pada awak media di ruang kerjanya. (gda/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...