Jumat, 22 November 2019 09:00

Peduli Lingkungan, Kompak Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik

Senin, 29 Juli 2019 00:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Erri Sugianto
Peduli Lingkungan, Kompak Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik
Ibu-ibu di Desa Konang saat mempraktikkan cara daur ulang sampah plastik menjadi barang-barang bernilai ekonomis.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan, Komunitas Pamekasan Membaca (Kompak) dan Muslimah Craft Centre Pamekasan serta Korps HMI-Wati (Kohati) Cabang Pamekasan menggelar pelatihan daur ulang sampah. Pelatihan dengan materi daur ulang sampah plastik menjadi barang-barang bernilai ekonomis ini diselenggarakan di Dusun Nang Dajah, Desa Konang, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Ahad (28/07/19).

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengajak masyarakat, khususnya pemuda dan ibu rumah tangga untuk peduli terhadap lingkungan dan mengubah pandangan mereka terhadap sampah," ujar Moh. Hasanuddin, Koordinator Kompak, Minggu (28/07/2019).

Kegiatan bertajuk "Pemberdayaan Pemuda dan Ibu Rumah Tangga; Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Barang Bernilai Ekonomi" itu, diikuti oleh para pemuda dan ibu rumah tangga di lingkungan sekitar, dan ibu-ibu PKK Desa Konang. Mereka diajarkan untuk mengolah sampah-sampah plastik menjadi berbagai kerajinan seperti, pot bunga, bunga, dan berbagai model lainnya.

"Dalam kesempatan ini, para peserta langsung diajarkan oleh pemateri yang dalam hal ini dari teman-teman muslimah craft centre. Sembari menerima materi, para peserta pun langsung diberikan keleluasaan untuk mempraktekkan," tutur pemuda yang juga seorang jurnalis itu.

Menurutnya, pelatihan semacam ini, selain memberikan penyadaran terhadap masyarakat berkenaan dengan sampah, juga menjadi salah satu metode baru dalam meningkatkan produksi ekonomi kerakyatan.

Hasan berharap, para peserta setelah mengikuti pelatihan itu dapat mengolah plastik yang awalnya tidak bernilai, menjadi memiliki nilai lebih dan memberikan fungsi pakai baru sehingga masa pakai pun menjadi lebih lama.

"Berbagai kerajinan dari sampah plastik bekas ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, hal ini juga akan meningkatkan ekonomi kerakyatan," paparnya.

Eeng, seorang peserta pelatihan, mengaku senang dapat belajar bagaimana mengolah sampah plastik menjadi barang lain yang bermanfaat. "Biasanya sampah plastik seperti ini langsung saya buang begitu saja. Namun, ternyata jika diolah masih bisa menjadi barang yang bernilai jual," katanya.

"Semoga pelatihan-pelatihan seperti ini tidak dilaksanakan hanya sekali, agar kami dapat belajar lebih baik sehingga nantinya akan menjadi lebih kreatif dengn bimbingan para mentor yang ada," sambung dia.

Diketahui, kegiatan tersebut didukung oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Forum Wartawan Pamekasan (FWP). (err/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...