Rabu, 12 Agustus 2020 22:26

LSM di Pasuruan Pertanyakan UKL-UPL Perusahaan Air Minum Santri

Minggu, 28 Juli 2019 00:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Supardi
LSM di Pasuruan Pertanyakan UKL-UPL Perusahaan Air Minum Santri
Selamet Nugroho saat meninjau kantor Perusahan Air Minum Santri di Jl. Wahidin Sudirohusodo Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Maraknya pengeboran air tanah di wilayah Kabupaten Pasuruan, khususnya oleh perusahaan air minum dengan tujuan komersil, mendapat sorotan dari beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Salah satunya dari aliansi Gema Anak Bangsa (GAB).

Selamet Nugroho, Sekretaris Umum GAB menyoroti adanya beberpa perusahaan air minum di Pasuruan yang belum melengkapi Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). Salah satunya adalah perusahaan air minum dalam kemasan Santri. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 16 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan dokumen lingkungan hidup, bahwa sSetiap usaha/atau kegiatan yang tidak termasuk dalam kriteria wajib AMDAL, wajib memiliki UKL-UPL dan harus melaporkanya setiap 6 bulan sekali.

"Perusahaan air minum Santri ini di samping perusahaan ini sudah menjadi tuan di daerahnya sendiri, pemasarannya pun sudah hampir ke seluruh wilayah di Jawa Timur, bahkan Jakarta. Maka sebagai perusahaan yang dikelola putra daerah Pasuruan, harus bisa menjadi contoh yang baik bagi perusahaan lain yang sifatnya investasi di Pasuruan ini. Jangan malah nantinya menjadi perusahaan yang memberikan contoh tidak baik bagi perusahaan lainya," tuturnya.

Terkait hal ini, Selamet mengatakan akan melakukan audiensi dengan pihak terkait untuk melakukan pemantauan langsung proses produksi serta melakukan kajian terhadap dampak produksi perusahaan tersebut bagi masyarakat luas. Baik dampak lingkungan UKL-UPL di dalamya, maupun proses transportasi pengirimannya yang menggunakan armada bertonase tinggi.

Sekadar informasi, air minum dalam kemasan Santri dikelola oleh perusahaan PT. Sidogiri Mandiri Utama dan berkantor di Jl. Wahidin Sudiro Husodo 211 Kelurahan Purut Rejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Wahid, salah satu karyawan dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengaku tidak tahu menahu terkait belum adanya UKL-UPL di perusahaan tempatnya bekerja. "Ada bagiannya sendiri mas kalau soal itu, saya tidak tahu," ujarnya.

Berita ini belum terkonfirmasi dari manajemen PT. Sidogiri Mandiri Utama selaku pemilik air minum dalam kemasan Santri. Sehingga kebenaran informasi yang disampaikan juga tidak bisa dipertanggungjawabkan. (par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...