Sabtu, 24 Agustus 2019 10:37

KPU Gresik Tetapkan 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Gresik

Minggu, 21 Juli 2019 17:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
KPU Gresik Tetapkan 50 Calon Terpilih Anggota DPRD Gresik
Ketua KPU Gresik Ahmad Roni bersama empat komisioner lainnya menggelar pleno penetapan caleg terpilih. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - KPU Gresik menggelar rapat pleno penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Gresik periode 2019-2024 hasil Pileg 2019, di Hotel @HomPremiere, GKB, Sabtu (20/7).

Ke-50 calon wakil rakyat Kabupaten Gresik berasal dari 8 daerah pemilihan (Dapil), meliputi Dapil 1 (Kecamatan Gresik dan Kebomas), Dapil 2 (Kecamatan Duduksampeyan dan Cerme), Dapil 3 (Kecamatan Kedamean dan Menganti), Dapil 4 (Kecamatan Wringinanom dan Driyorejo), Dapil 5 (Kecamatan Balongpanggang dan Benjeng), Dapil 6 (Kecamatan Sangkapura dan Tambak), Dapil 7 (Kecamatan Dukun, Ujungpangkah dan Panceng), dan Dapil 8 (Kecamatan Sidayu, Bungah dan Manyar).

Adapun 50 calon legislatif terpilih itu berasal dari 8 partai politik (parpol) dengan rincian PKB mendapat
13 kursi, Gerinda 8 kursi, Golkar 8 kursi, PDIP 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, serta PPP dan PAN 3 masing-masing 3 kursi.

Ketua KPU Gresik Ahmad Roni menyatakan, bahwa sedianya pleno penetapan ini digelar 1 Juli lalu. Namun, harus ditunda karena menunggu balasan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK).

"MK baru membalas surat kami tanggal 16 juli kemarin. Sehingga kami baru bisa menetapkan Sabtu ini," ujarnya di sela-sela rapat pleno terbuka, Sabtu (20/7).

Mengacu Peraturan KPU (P-KPU), daerah yang tidak memiliki sengketa pemilu bisa segera melakukan penetapan paling lambat lima hari setelah surat diterima. "Jadi dari 8 parpol yang memperoleh kursi tidak ada yang mempermasalahkan hasil pemilihan umum dan menggugat ke MK," terangnya.

Selanjutnya, tambah Roni, 50 calon anggota DPRD Gresik diminta menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresk, Imron Rosyadi mengapresiasi gelaran pemilu di Kota Pudak yang berlangsung aman, lancar dan damai.

"Penetapan 50 calon anggota DPRD Gresik sangat cepat dibanding daerah lain. Saya berterima kasih kepada seluruh pimpinan parpol, penyelenggara, dan instansi terkait Pemilu di Gresik yang berjalan aman," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...