2.497 Prajurit Satgasla PPRC TNI Ikuti Apel Riksiaops di Koarmada II

2.497 Prajurit Satgasla PPRC TNI Ikuti Apel Riksiaops di Koarmada II

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2.497 prajurit Satgasla PPRC TNI mengikuti apel Pemeriksaan Kesiapan Operasi (Riksiapops) yang digelar di Markas , dan dipimpin langsung oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, SAP, MSi, MTr. (Han) selaku Komandan PPRC TNI.

Didampingi oleh Komandan Satgas Laut PPRC TNI Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, Komandan PPRC TNI melakukan pemeriksaan pasukan yang telah siap berbaris rapi di sepanjang Dermaga Madura, Markas .

Menurut Mayjen TNI Tri Yuniarto, SAP, MSi, MTr. (Han), PPRC TNI adalah suatu satuan komando tugas gabungan yang pengerahannya langsung berada pada Panglima TNI, memiliki tugas sebagai penindak cepat untuk mencegah, menangkal, menggagalkan dan menghancurkan setiap bentuk ancaman militer dan non militer di wilayah NKRI. Guna mendukung terwujudnya tugas tersebut, PPRC TNI harus memiliki kecepatan bertindak untuk melakukan operasionalnya, maka diperlukan keterpaduan komando, kendali, dan komunikasi yang baik.

Lebih lanjut Pangdivif 2 Kostrad menambahkan jika kekuatan PPRC TNI TA 2018-2020 terdiri dari beberapa satuan tugas antara lain Satgasrat, Satgasla, Satgasud, Satkomlek, KDO dan Mako Denma PPRC dengan jumlah personel sebanyak 6.398 orang.

Sementara itu Dansatgasla PPRC TNI Laksma TNI Erwin S.Aldedharma , S.E.,M.M.,M.Sc menerangkan jika Satgasla adalah bentuk organisasi kekuatan laut yang berkedudukan di bawah komando PPRC TNI yang terdiri dari unsur-unsur kekuatan laut dan Marinir, yang dipadukan untuk melaksanakan tugas tertentu.

"Adapun tujuan pelaksanaan apel Riksiapops Satgasla PPRC TNI ini adalah untuk mengecek secara langsung kesiapan personel dan material Satgasla yang harus siap sewaktu-waktu bergerak sebagai satuan tugas PPRC TNI. Apel kesiapan ini juga merupakan bagian dari upaya pertahanan negara selama kurun waktu 2018 hingga 2020 sebagai bagian dari kekuatan PPRC TNI," pungkas Dansatgasla PPRC TNI yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla ) ini.

Erwin, sapaan akrab Danguspurla ini juga menambahkan bahwa dalam PPRC TNI TA 2019, unsur-unsur Satgasla yang ikut mendukung terdiri dari Markas Satgasla, Unsur Satuan Angkut, Unsur Satuan Lindung, Unsur Satuan Bantu, Unsur Satuan Udara, BTP Marinir, dan Banmin dengan total personel 2.497 orang. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO