Rabu, 12 Agustus 2020 05:11

Peminat Membludak, Ikadi Sidoarjo Jadikan Qur'anic Camp Program Tahunan

Senin, 01 Juli 2019 23:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Peminat Membludak, Ikadi Sidoarjo Jadikan Qur
ANTUSIAS: Peserta mengikuti hari pertama program Qur'anic Camp yang digelar Ikadi Sidoarjo, Senin (1/7). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kabupaten Sidoarjo berencana menjadikan program Qur'anic Camp for Kids sebagai agenda tahunan.

Program ini digelar selama enam hari, pada 1-6 Juli 2019, di Musala Al Hidayah Perum Villa Jasmin I Sidoarjo.

Program melancarkan dan menginternalisasi (memutqinkan) hafalan Al Quran dengan target 1-2 juz ini ternyata banyak peminatnya. Total ada 43 siswa ikut program ini, mulai siswa SD hingga SMA.

"Peminatnya banyak. Bahkan beberapa pendaftar terpaksa tidak bisa ikut karena kuota sudah penuh. Makanya program rencananya bakal kami jadikan agenda tahunan," cetus Ketua Ikadi Kabupaten Sidoarjo, H Agus Yunif Anwaruddin, ST, Senin (1/7).

Saat membuka program ini, Agus Yunif menyatakan, program ini untuk membantu orang tua memantau murojaah (mengingat kembali hafalan) anak didik yang sudah punya hafalan, saat liburan sekolah.

"Seringkali anak-anak kerap lalai tidak mengulang hafalan yang sudah dimiliki karena ada banyak waktu kosong saat liburan sekolah," cetus Agus yang juga alumni Ponpes Al Arifin Denanyar Jombang ini.

Selain itu, program ini juga upaya Ikadi Sidoarjo untuk berpartisipasi mencetak dan menjadikan generasi muda sebagai generasi pecinta Al Quran.

Agus menjelaskan, program Mutqin hafalan Al Quran ini dikawal oleh delapan Musyrif-Musyrifah (pembimbing) yang mayoritas hafidz 30 juz, yang dikoordinasi oleh ustadz Roni Firdiansyah, yang juga anggota Ikadi Sidoarjo.

Selain menyetor hafalan, peserta Qur'anic Camp for Kids ini juga diajak menunaikan salat Dhuha, mendapatkan materi tentang kisah-kisah keteladanan para nabi serta salat Dhuhur berjemaah. Program dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...