Minggu, 20 Oktober 2019 08:44

Peminat Membludak, Ikadi Sidoarjo Jadikan Qur'anic Camp Program Tahunan

Senin, 01 Juli 2019 23:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Peminat Membludak, Ikadi Sidoarjo Jadikan Qur
ANTUSIAS: Peserta mengikuti hari pertama program Qur'anic Camp yang digelar Ikadi Sidoarjo, Senin (1/7). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kabupaten Sidoarjo berencana menjadikan program Qur'anic Camp for Kids sebagai agenda tahunan.

Program ini digelar selama enam hari, pada 1-6 Juli 2019, di Musala Al Hidayah Perum Villa Jasmin I Sidoarjo.

Program melancarkan dan menginternalisasi (memutqinkan) hafalan Al Quran dengan target 1-2 juz ini ternyata banyak peminatnya. Total ada 43 siswa ikut program ini, mulai siswa SD hingga SMA.

"Peminatnya banyak. Bahkan beberapa pendaftar terpaksa tidak bisa ikut karena kuota sudah penuh. Makanya program rencananya bakal kami jadikan agenda tahunan," cetus Ketua Ikadi Kabupaten Sidoarjo, H Agus Yunif Anwaruddin, ST, Senin (1/7).

Saat membuka program ini, Agus Yunif menyatakan, program ini untuk membantu orang tua memantau murojaah (mengingat kembali hafalan) anak didik yang sudah punya hafalan, saat liburan sekolah.

"Seringkali anak-anak kerap lalai tidak mengulang hafalan yang sudah dimiliki karena ada banyak waktu kosong saat liburan sekolah," cetus Agus yang juga alumni Ponpes Al Arifin Denanyar Jombang ini.

Selain itu, program ini juga upaya Ikadi Sidoarjo untuk berpartisipasi mencetak dan menjadikan generasi muda sebagai generasi pecinta Al Quran.

Agus menjelaskan, program Mutqin hafalan Al Quran ini dikawal oleh delapan Musyrif-Musyrifah (pembimbing) yang mayoritas hafidz 30 juz, yang dikoordinasi oleh ustadz Roni Firdiansyah, yang juga anggota Ikadi Sidoarjo.

Selain menyetor hafalan, peserta Qur'anic Camp for Kids ini juga diajak menunaikan salat Dhuha, mendapatkan materi tentang kisah-kisah keteladanan para nabi serta salat Dhuhur berjemaah. Program dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. (sta/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...