Rabu, 19 Februari 2020 04:23

PAD ​Tak Masuk Catatan APBDesa, Pegiat Sosial dan LSM Datangi Inspektorat Pasuruan

Senin, 01 Juli 2019 18:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
PAD ​Tak Masuk Catatan APBDesa, Pegiat Sosial dan LSM Datangi Inspektorat Pasuruan
Para pegiat sosial dan LSM mendatangi kantor Inspektorat di Jalan Ir H Juanda, Kepel, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Para pegiat sosial dan LSM mendatangi kantor Inspektorat di Jalan Ir H Juanda, Kepel, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Hal itu dilakukan setelah ramai beberapa waktu lalu terkait Pendapatan Asli Desa (PAD) yang peruntukannya tak jelas dan tidak masuk pada catatan APBDesa (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) di Desa Lajuk, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan.

Kedatangan para pegiat tersebut ditemui langsung Kepala Inspektorat Dwitono Minahanto dan beberapa jajaran Auditor Inspektorat. Dalam pertemuan tersebut sejumlah aktivis dan wartawan membeberkan beberapa temuan dan indikasi penyimpangan dalam penggunaan anggaran pemerintah desa oleh kepala desa.

Desa Lajuk, Kecamatan Gondang Wetan menjadi salah satu desa yang dibahas dalam pertemuan itu. Salah satunya terkait penggunaan kompensasi Sutet (tower listrik bertegangan tinggi) yang berdiri di atas tanah kas desa. Menurut mereka, kompensasi Sutet tidak jelas peruntukannya, serta tidak tercatat dalam APBDesa. Di samping beberapa pekerjaan dana desa yang tidak banyak diketahui masyarakat

"Terima kasih atas kedatangan teman-teman yang sudah datang ke kantor inspektorat ini. Terkait apa yang terjadi di Desa Lajuk, kami akan telaah lebih jauh," ucap Dwitono.

Lebih lanjut, Dwi-sapaan Dwitono menjelaskan bahwa inspektorat tidak hanya bertugas sebagai pengawas, namun juga sebagai pembina. Istilah lain, "early warning system" (sistem peringatan dini).

"Inspektorat ini adalah lembaga di bawah bupati, bukan independen. Maka dalam tiap gerak-geriknya kami harus selalu laporan serta bertindak atas rekomendasi bupati," jelasnya.

Adapun tentang permasalahan yang ada di desa, pihaknya akan menindaklanjuti tentang beberapa pengaduan soal penggunaan anggaran di desa. Tentunya terlebih dahulu setelah berkoordinasi dengan bupati.

"Jika ada temuan yang sifatnya memang membahayakan kita tentunya akan turunkan Tim Auditor. Kebetulan kita punya 19 orang tim auditor di inspektorat ini. Namun tidak semua pengaduan bisa terlayani, mengingat tenaga kita terbatas. Sementara yang harus kita awasi banyak dengan lokasi yang cukup luas. Ada ratusan desa juga organisasi pemerintah daerah (OPD)," beber pria paro baya yang hampir memasuki purna tugas ini.

Disinggung soal reward (penghargaan) ataupun punishment (sanksi/hukuman) oleh pihak inspektorat, Dwi menjelaskan bahwa pihaknya akan mendahulukan pembinaan dulu.

Jika pun nanti setelah pembinaan, desa tetap tidak menghiraukan rekomendasi yang diberikan maka pihaknya sudah tidak bertanggung jawab lagi dan menjadi tanggung jawab penuh desa ketika ada permasalahan hukum di kemudian hari. (par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...