Programmer Komputer yang Kini Beralih Profesi sebagai Seorang Peternak Ikan

Programmer Komputer yang Kini Beralih Profesi sebagai Seorang Peternak Ikan Iwan Kurniawan programmer komputer yang kini beralih profesi sebagai seorang peternak ikan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Peternak ikan hias di Desa Kebakalan RT 1, RW 1, Kecamatan Porong Sidoarjo, sukses menghasilkan jutaan rupiah per bulan berkat bisnis budidaya ikan hias jenis Guppy. Bahkan ikan hasil budidayanya diekspor ke Vietnam hingga Singapura.

Adalah Iwan Kurniawan (38) seorang programmer komputer yang kini beralih profesi sebagai seorang peternak ikan karena hasilnya cukup menggiurkan. Berawal sekitar 4 tahun lalu, dia memperhatikan keindahan ikan kecil, namun cantik warnanya. Ditambah lagi ikan tersebut dapat hidup damai dengan jumlah yang banyak. Dirinya lantas browsing di internet dan didapat ikan hias tersebut jenis Guppy.

"Saya perhatikan ikan ini jumlahnya banyak, tapi tidak berkelahi. Kalau dibandingkan dengan ikan lain misalnya cupang, bila dicampur sudah berkelahi dengan yang lainnya," kata Iwan Jumat (28/6/2019).

Setelah tahu jenisnya dan mempelajari prospek bisnisnya, Iwan menyisihkan uang sekitar 350 ribu rupiah untuk membeli 3 pasang indukan guppy jenis albino full red. Tidak disangka, satu bulan berikutnya dari 3 pasang indukan tersebut menghasilkan anakan mencapai ratusan ekor.

"Dulu masih peliharanya di bak, bukan akuarium. Jumlahnya banyak, saya jual per paket karena masih merintis usaha. Dari ikan untuk ikan," tambah Iwan.

Dari hasil jualannya jenis AFR tersebut, Iwan perlahan mulai memperbanyak jenis dan mengembangkan usahanya dengan mengganti bak menjadi akuarium.

Ribuan ekor ikan Guppy nampak berenang di akuarium yang berada di samping rumah dan di dalam rumah. Puluhan jenis ikan kecil yang ditaruh di akuarium ukuran 40 x 60 centimeter tersebut adalah hasil ketekunan Iwan.

Ikan Guppy banyak diminati orang karena keindahan ekor dan warnanya. Ekornya ada yang lebar seperti ikan koi, warnanya juga bervariasi. Jadi akan nampak indah saat ditempatkan di akuarium sebagai hiasan ruangan. Selain itu, perawatan harian ikan ini sangat mudah. Ikan guppy juga bukan tipikal ikan petarung atau ikan individual seperti ikan cupang. Jadi dapat ditempatkan dalam satu akuarium dalam jumlah banyak meski sesama pejantan.

Lihat juga video 'Komunitas Disabilitas Kota Pasuruan Raup Cuan dari Lampu Hias':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO