Jelang Pilbup Gresik 2020 (4): Ketua AKD Nilai Sosok Kades Juga Layak Nyalon

Jelang Pilbup Gresik 2020 (4): Ketua AKD Nilai Sosok Kades Juga Layak Nyalon Nurul Yatim, Ketua AKD Kabupaten Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bursa calon bupati (cawabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Gresik 2020 terus menghangat. Asosiasi Kepala Desa (AKD) pun tak ingin ketinggalan memunculkan figur kepala desa yang dinilai layak ikut running dalam perhelatan Pilkada yang bakal dihelat sekitar bulan September tahun depan.

Ketua AKD Kabupaten Gresik Nurul Yatim kepada BANGSAONLINE.com menilai ada tiga sosok figur kepala desa (kades) yang layak digadang pada Pilbup 2020. Baik posisi mereka menjadi calon bupati maupun calon wakil bupati. Ketiganya adalah, Kades Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Syaifullah Mahdi yang akrab disapa Sandi, Kades Sidowungu Kecamatan Menganti Muhammad Sukhoiri, dan Kades Iker-Iker Geger Kecamatan Cerme Kristono.

"Mereka selama memimpin desanya sangat sukses. Karena itu, saya menilai mereka juga memiliki potensi sama dengan figur lain untuk running ," ujar dia Jumat (14/6).

Nurul Yatim menyatakan, AKD tengah mencari literasi sosok calon pemimpin Gresik lima tahun mendatang yang bisa memahami kondisi masyarakat dan kondisi desa sebagai ojung tombak pemerintah tingkat bawah.

"AKD tengah mencari sosok figur cabup maupun cawabup yang bisa menuntaskan problem-problem yang sudah bertahun-tahun dihadapi oleh masyarakat," urai Kades Baron Kecamatan Dukun ini.

Problem dimaksud di antaranya, banjir luapan Kali Lamong yang terjadi setiap musim hujan, kemiskinan, pengangguran, dan problematika lain. "Makanya, saya berharap munculnya sosok calon bupati dan calon wakil bupati dari kalangan kepala desa yang selama ini tahu persis kondisi masyarakatnya. Kami yakin tiga kader kepala desa tersebut mampu dan punya potensi sama bisa memimpin Kabupaten Gresik lima tahun mendatang. Untuk itu, kami berharap mereka bisa ikut running Pilbup 2020 baik menjadi cabup maupun cawabup," pungkas dia. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO