Rabu, 21 Agustus 2019 22:11

Matangkan Persiapan Hari Jadi ke-101, Pemkot Madiun Gelar Rakor

Selasa, 11 Juni 2019 21:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
Matangkan Persiapan Hari Jadi ke-101, Pemkot Madiun Gelar Rakor
Rakor Hari Jadi Pemkot Madiun dipimpin langsung Asisten II Ahmad Supriyanto.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com – Persiapan peringatan Hari Jadi ke-101 Kota Madiun terus dimatangkan. Rapat Koordinasi (rakor) Hari Jadi dipimpin langsung Asisten II Ahmad Supriyanto dilaksanakan, Selasa (11/6). Rakor ini dilakukan untuk mematangkan belasan kegiatan rangkaian peringatan Hari Jadi yang akan dimulai pada Selasa (18/6) pekan depan.

Berbagai kegiatan peringatan bertajuk Charismatic Festival tersaji. Mulai Ziarah Makam, Kenduri Akbar, Upacara Peringatan Hari Jadi, Pagelaran Budaya Kecamatan, serta Charismatic Night Carnival.

Kemudian Panggung Gembira Indosiar, Festival Pecel Pincuk, Madioen Tempo Doeloe, Lomba Vokal Keroncong dan Campursari, Onthelis Kosti se-Jatim, Pameran Produk Unggulan, Single Event Pencak Silat, dan Festival Seni Pencak Silat Nusantara.

"Akan ada banyak kegiatan nanti. Prinsipnya, semua harus dipersiapkan. Hari ini kita rapatkan dengan stake holder terkait termasuk dari TNI-Polri untuk mematangkan setiap agenda dan mencari solusi permasalahan yang mungkin ada," kata Ahmad.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Agus Purwowidagdo menyebut perayaan kali ini mengambil tema Kota Madiun Berkarya untuk Bangsa. Tak heran, sejumlah kegiatan yang tersaji bakal bertaraf nasional. Seperti giat Panggung Gembira Indosiar yang dijadwalkan 22-23 Juni mendatang.

Kegiatan bisa dibilang puncak peringatan Hari Jadi. Rencananya terdapat 21 artis ibu kota yang akan menghibur selama gelaran dua hari dua malam tersebut. Kegiatan juga akan dihadiri satu artis dari Negeri Gajah Putih, Thailand.

Selain itu, kegiatan Festival Pecel Pincuk juga mengemuka. Terdapat 15 ribu pecel yang akan tersaji. Kegiatan semakin menarik lantaran dilombakan.

"Kami mengutamakan pedagang pecel kecil di tiap kelurahan. Paling tidak ada 101 bakul pecel dengan masing-masing kelurahan mengirimkan tiga penjual," jelas Agus.

Selain itu, Festival Seni Pencak Silat Nusantara juga menjadi kegiatan bertaraf nasional lain dalam rangkaian Hari Jadi. Setidaknya, kegiatan bakal diikuti pesilat-pesilat dari berbagai daerah. Kegiatan juga akan dibuka langsung Menpora Imam Nahrawi.

Agus menambahkan rangkaian kegiatan peringatan ini tidak hanya menyuguhkan hiburan semata. Namun, juga media pelestarian budaya, seni, dan olahraga. Kegiatan juga mengedepankan edukasi bagi masyarakat. Terutama tentang Kota Madiun dan Nusantara pada umumnya.

"Selain itu, serangkaian kegiatan tersebut juga memberikan manfaat lain. Salah satunya, peningkatan perekonomian masyarakat," pungkasnya. (hen/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...