Prabowo Benar-benar Negarawan, Terima Jokowi dengan Canda

Prabowo Benar-benar Negarawan, Terima Jokowi dengan Canda Presiden Terpilih Joko Widodo (kanan) bersalaman dengan mantan calon presiden Prabowo Subianto usai pertemuan di kediaman orangtua Prabowo, di Jakarta Selatan, 17 Oktober 2014. Prabowo mengucapkan selamat kepada Jokowi yang akan dilantik menjadi Presiden 20 Oktober mendatang. TEMPO/M. Iqbal Ichsan

JAKARTA(BangsaOnline) Prabowo Subianto benar-benar menunjukkan sebagai negawaran dan tokoh politik yang dewasa.Kekalahan dalam pertarungan merebut posisi presiden tak membuat ia menutup diri dan dendam. Ia justeru menerima dengan lapang dada dan gembira kedatangan Presiden terpilih Joko Widodo () di kediamannya di jalan Kertanegara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Pertemuan antara dua tokoh yang bersaing dalam Pemilihan Presiden 9 Juli lalu, berlangsung sangat singkat. Namun suasana sangat akrab dan cair.

Bahkan mereka saling melemparkan candaan. Prabowo secara langsung mengundang ke kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. "Nanti saya akan datang ke Hambalang naik Helikopter Pak Prabowo," canda .

Prabowo kemudian membalas candaan itu, "Nanti sudah naik helikopter presiden," jawab mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu.

pun berjanji akan memenuhi semua permintaan Prabowo. Seperti datang ke Hambalang, bersantap bersama. Namun ada satu yang tak bisa dipenuhi , yakni menyanyi. "Karena saya tidak bisa menyanyi," kata sambil tertawa.

Dalam kesempatan itu, juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Prabowo. Namun belum sempat menyelesaikan ucapannya, Prabowo memotong. "Tapi kalau umur jangan disebut ya," kata Prabowo dengan tertawa lepas. "Selamat ulang tahun untuk Pak Prabowo," kata .

Prabowo menyatakan bahwa keduanya memiliki keinginan yang sama yaitu keutuhan Republik Indonesia dan Pancasila. "Saya yakin di dalam hati paling dalam beliau, keinginan kami sama, keinginan kami adalah keutuhan Republik Indonesia, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai komitmen kita. Itu saya sampaikan," kata Prabowo.

Prabowo menyampaikan bahwa Partai Gerindra dan pendukungnya akan mendukung dan pemerintahannya. Namun, ia juga tidak akan ragu untuk mengkritisi.

"Apabila ada hal-hal yang tidak menguntungkan bangsa dan rakyat tak segan-segan akan mengkritisi," tegas Prabowo yang disambut denga menundukkan kepala dan tersenyum.

Prabowo menyebut bahwa perbedaan politik jangan dianggap sumber perpecahan.

"Saya mohon semua pendukung saya tidak anggap perbedaan politik, pandagan dan persaingan politik harus menjadu sumber perpecahan. Kita satu bangsa dan satu nusa, kita harus bersatu," ucap Prabowo.
Menurut Prabowo, ia kerap menyampaikan kepada para pendukungnya bahwa pertarungan dan perbedaan politik adalah wajar. Dia sering beretorika keras tapi di ujung adalah untuk kesejahteraan rakyat.

"Saya menyampaikan bahwa partai yang saya pimpin dengan teman-teman saya, pendukung saya, akan saya minta untuk mendukung saudara Joko Widodo dan pemerintahan yang akan beliau pimpin," ucap mantan Danjen Kopasus itu.

"Jika ada hal-hal yang kami nilai tidak menguntungkan, kami tidak akan segan-segan menyampaikan kritik dan itu saya sampaikan," imbuhnya.

Pertemuan itu berlangsung cair. Keduanya tampak santai, sesekali tertawa. juga tampak tersenyum, sesekali menunduk mendengar penjelasan Prabowo.

Prabowo mengaku mendapat kehormatan didatangi .

"Beliau datang ke saya itu kehormatan bagi saya," ujar Prabowo usai bertemu dengan secara tertutup.

yang berdiri di sebelahnya tampak tersenyum mendengar pernyataan Prabowo. Keduanya memang bertemu dalam waktu yang cukup singkat yakni 15 menit.

Saat berpamitan, Prabowo tampak mengangkat tangannya untuk hormat ala militer kepada . Sedang menyambut dengan membungkukkan badannya.

Prabowo lalu mengantar hingga pintu gerbang rumahnya. Sebelumnya Prabowo juga menyampaikan ucapan selamat kepada yang sudah terpilih dan akan dilantik menjadi Presiden RI pada Senin 20 Oktober 2014.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO