Selasa, 16 Juli 2019 08:02

Sidak Mamin Jelang Lebaran, Dinkes Sidoarjo Terjunkan Tim ke Enam Kecamatan

Senin, 27 Mei 2019 23:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Sidak Mamin Jelang Lebaran, Dinkes Sidoarjo Terjunkan Tim ke Enam Kecamatan
TELITI: Bupati Saiful didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin saat sidak mamin jelang Lebaran tahun lalu. foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo menggelar inspeksi mendadak (sidak) mengawasi produk makanan-minuman (mamin) jelang Lebaran. Sejumlah tim diterjunkan ke pusat perbelanjaan di enam kecamatan di Sidoarjo.

Kepala Dinkes Sidoarjo, dr. Syaf Satriawan menyatakan, sidak menyasar sejumlah swalayan dan pusat perbelanjaan. Sidak digelar selama tiga hari, mulai Senin (27/5) hingga Rabu (29/5). “Tim sidak ke enam kecamatan,” cetusnya, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (27/5).

Sidak ini di antaranya memantau label mamin, izin edar hingga masa kadaluarsa mamin. Pihaknya juga melakukan penertiban makanan yang tidak berizin, kemasan karatan, maupun penyok. Terkait temuan itu, Dinkes bakal langsung menegur pihak penyedia barang.

“Kami minta untuk ditarik dari etalase demi keamanan konsumen. Kami akan terus memantau peredaran mamin di Sidoarjo. Sebab jelang lebaran, tingkat kebutuhan masyarakat terhadap aneka kebutuhan pokok meningkat tajam,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Saiful Ilah meminta kepada para pedagang parsel maupun toko yang menjual produk Lebaran agar selektif dalam menjual barang dagangannya. Pihaknya tidak ingin produk yang sudah kadaluwarsa lolos dijual ke konsumen.

“Karena membahayakan kesehatan masyarakat. Kami minta Dinkes teliti. Kalau ditemukan produk kadaluwarsa harus segera ditarik dari peredaran," pinta Abah Saiful, panggilan karib Bupati Saiful Ilah.

Ia menambahkan jika ternyata nanti ada pelanggaran ditemukan di lapangan, maka akan dilakukan teguran kepada penjual. “Bahkan ada sanksi sampai pencabutan izin kalau memang diperlukan tindakan tegas bagi penjualnya,” tegasnya. (sta/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...