Operasi Gabungan Jelang Arus Mudik di Blitar, Petugas Lakukan Ramp Check dan Tes Urine

Operasi Gabungan Jelang Arus Mudik di Blitar, Petugas Lakukan Ramp Check dan Tes Urine Petugas BNN yang melakukan tes urine para sopir.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Petugas gabungan dari Dishub, Pemkab, BNN, dan Polres Blitar menggelar operasi gabungan jelang arus mudik, Rabu (22/5/2019). Semua kendaraan angkutan barang dan penumpang dimasukkan ke areal jembatan timbang, Talun.

Petugas dari Dishub Kabupaten Blitar kemudian melakukan ramp check pada kendaraan angkutan barang dan penumpang. Sedangkan kepada sopir dilakukan tes urine oleh BNN Kabupaten Blitar.

"Kita lakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan dan tes urine terhadap sopir. Hal ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan, utamanya menjelang arus mudik. Karena salah satu faktor kecelakaan adalah human error," ungkap Kasatlantas Polres Blitar AKP Amirul Hakim.

Sementara Kepala BNN Kabupaten Blitar AKBP Agustyanto menegaskan pihaknya tidak akn tebang pilih dalam melakukan tes urine. Semua sopir dites urine untuk memastikan mereka tidak mengonsumsi narkoba, sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan yang berakibat fatal.

"Semua sama, kita tes urine. Baik itu sopir angkutan barang angkutan penumpang, maupun sopir mobil box. Ini adalah kewajiban kami untuk memastikan tidak ada sopir yang mengonsumsi narkoba sehingga berakibat kecelakaan di musim mudik," terang AKBP Agustyanto.

Dari 31 sopir yang megikuti tes urine, petugas tak menemukan satu pun yang terdeteksi mengonsumsi narkoba. Namun untuk hasil ramp check, petugas mendapati truk pengangkut tebu yang remnya kurang berfungsi maksimal.

"Tes urine alhamdulillah negatif semua. Tapi ada dua truk pengangkut tebu yang remnya kurang berfungsi maksimal," pungkas AKP Muhammad Amirul Hakim. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO