Berdayakan Ekonomi Warga Eks Lokalisasi, Risma Siap Sulap Wisma Barbara Jadi Taman Anggrek

Berdayakan Ekonomi Warga Eks Lokalisasi, Risma Siap Sulap Wisma Barbara Jadi Taman Anggrek Wali Kota Risma saat menghadiri acara buka puasa bersama warga Sememi dan Klakah Rejo, Minggu (19/5). foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menyejahterakan warga eks lokalisasi patut diacungi jempol. Pasalnya, berbagai program pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat terus gencar dilakukan. Seperti halnya kepada warga di eks lokalisasi Sememi dan Klakah Rejo, Kecamatan Benowo, Surabaya.

"Karena saya sebagai umaro, saya berkewajiban bagaimana saya bisa menyejahterahkan warga Surabaya. Saya harap sekali lagi, panjenengan (anda) semuanya tidak menjadi penonton, ayo kita berusaha," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menghadiri acara buka puasa bersama warga Sememi dan Klakah Rejo di Masjid At-Taqwa, Jalan Klakah Rejo No. 9, Kelurahan Klakahrejo, Kecamatan Benowo Surabaya, Minggu (19/5).

Risma mengatakan agar masyarakat di eks lokalisasi mampu bertahan secara ekonomi, pihaknya mengajak warga untuk bisa memanfaatkan koperasi-koperasi yang dikelola secara mandiri. Karena itu, ia mengimbau kepada warga di sana agar bersungguh-sungguh untuk mengelola koperasi tersebut. 

Ia menjelaskan dengan adanya koperasi-koperasi tersebut, masyarakat akan mandiri dan sejahtera secara ekonomi. Sehingga diharapkan tidak ada lagi warga di eks lokalisasi yang kekurangan ekonomi, bahkan sampai terjerat utang piutang rentenir. "Karena saya pingin panjenengan (anda) semua berhasil, panjenengan (anda) semua warga Sememi dan Klakah Rejo bisa sukses melalui koperasi itu," jelasnya.

Dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, Risma mengungkapkan bahwa bakal membangun wisata baru berupa taman anggrek untuk mendatangkan wisatawan. Dengan adanya kebun anggrek tersebut, diharapkan juga berdampak pada meningkatnya ekonomi warga sekitar. 

"Insya Allah tahun ini, kita akan buat taman anggrek di sini. Saya harap warga nanti bisa menikmati hasilnya. Ini akan menjadi wisata baru yang akan menarik pengunjung untuk datang," ungkapnya.

Selain melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat eks lokalisasi melalui koperasi dan taman anggrek, Risma juga mengungkapkan bahwa memiliki program di bidang pendidikan, seperti beasiswa pramugari dan pilot. Ia mengajak para orang tua di eks lokalisasi agar memanfaatkan program tersebut untuk mengubah masa depan anak-anaknya supaya lebih baik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO