Jelang Hari Raya, Gubernur Sidak Mamin dan Parsel Lebaran

Jelang Hari Raya, Gubernur Sidak Mamin dan Parsel Lebaran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Kadisperindag Pemprov Jatim, Kasatpol PP Pemrov Jatim, Kadinkes Pemprov Jatim, dan BP POM Prov Jatim menjelang perayaaan Idul Fitri 1440 H tahun 2019 melakukan sidak makanan dan minuman di pusat perbelanjaan Palapa Jl Adityawarman Surabaya dan pusat parcel di Jl Ondomohen Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Pemprov Jawa Timur terus melakukan pemantauan sejumlah kebutuhan masyarakat seperti Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang dipastikan stoknya aman hingga lebaran mendatang. Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga mengecek sejumlah makanan dan minuman (mamin), serta parcel yang dijual di pasaran.

Untuk mengetahui kondisi tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua swalayan sekaligus di kawasan Jl. Adityawarman dan Jl. Wali Kota Mustajab, Surabaya, Minggu (19/5).

Dalam sidak tersebut, Gubernur Khofifah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Jatim dr. Kohar, Kepala Disperindag Jatim Sudrajad, Kepala Satpol PP Jatim Budi Santosa, serta Kabid Pemeriksaan BPOM Surabaya Endah Setijowati.

Kunjungan pertama orang nomor satu di Pemprov Jatim itu dilakukan di salah satu swalayan di Jl. Adityawarman, Surabaya. Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut mengecek beberapa mamin yang dijual. Bahkan untuk mengetahui kondisinya, Gubernur Khofifah mengecek secara detail parsel berisi sejumlah produk makanan dan snack yang dipajang.

Dari hasil sidak tersebut, Gubernur Khofifah tidak menemukan produk mamin di luar ketentuan BPOM, termasuk soal kadaluarsa dalam parsel.

Kunjungan berikutnya, Khofifah yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial RI era Presiden Joko Widodo itu meninjau salah satu toko penjual parsel di kawasan Jl. Wali Kota Mustajab, Surabaya. Namun lagi-lagi, Gubernur Khofifah yang mengenakan baju putih itu tidak mendapati mamin yang kondisinya tidak layak jual.

Di hadapan awak media, Gubernur Khofifah mengungkapkan, bahwa sidak yang dilakukannya tersebut ingin memastikan agar barang dan makanan yang dijual di pasaran sebelum lebaran aman untuk di konsumsi masyarakat.

Pemprov Jatim bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ingin melakukan pemantauan terutama pada produk yang akan dikonsumsi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO