Wagub Emil Dardak Buka Rakerwil AMSI Jatim

Wagub Emil Dardak Buka Rakerwil AMSI Jatim Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Foto: bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil) di Harris Hotel & Conventions, Surabaya, Sabtu (18/5). Acara dibuka Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Dalam sambutannya, Emil mengatakan, media khususnya siber, mempunyai pengaruh cukup besar dalam dinamika politik. Sebab, terkadang pelaku media lebih mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang belum terjadi. Bahkan, media dapat mengubah keputusan pelaku politik akibat gencarnya pemberitaan.

"Terkadang ada rencana pemerintah atau pelaku politik terhadap sesuatu hal, tapi karena wacana yang dilontarkan media berbeda dan gencar, akhirnya terjadilah hal yang diberitakan media tersebut," papar Emil.

Dalam kesempatan itu, ia juga membahas dan mengajak AMSI untuk mencari cara untuk membendung hoaks. Pasalnya, selama menjadi Bupati Trenggalek, suami Arumi Bachsin ini mengaku beberapa kali menjadi korban hoaks.

"Indonesia menjadi negara nomor tujuh yang yang masyarakatnya paling mudah percaya hoaks," ujar dia.

Namun, ia yakin media siber yang bernaung di AMSI mempunyai tujuan yang baik dan tidak akan ikut-ikutan menyebar hoaks. "Saya yakin AMSI akan tetap berdiri kritis di tengah. Namun tidak berarti kritis harus berarti oposisi. Saya percaya AMSI akan mampu menjaga amanat tersebut," kata dia.

Sementara Ketua Arief Rahman juga menyoroti membanjirnya berita hoaks. Untuk mencegah maraknya hoaks tersebut, menurut dia yang paling terpenting adalah memperkuat norma agama.

"Melalui AMSI ini, kita media-media siber mainstream terus berupaya menangkal berita bohong atau disinformasi tersebut, demi menciptakan masa depan jurnalisme online yang lebih baik," tuturnya. (rev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO