Jelang Tahun Politik, ini Poin Penting Hasil Audiensi AMSI Jatim dengan Kapolda

Jelang Tahun Politik, ini Poin Penting Hasil Audiensi AMSI Jatim dengan Kapolda Anggota AMSI Jatim bersama Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto di gedung Mahameru Polda Jatim, Selasa (31/1/2023)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Media Siber Indonesia () Jawa Timur menggelar audiensi bersama , Irjen Pol. Toni Hermanto, terkait antisipasi menjelang di selasar Gedung Mahameru Polda Jatim, Selasa (31/1/2023) siang.

Ketua Jawa Timur, Arief Rahman, mengatakan ada beberapa poin yang disampaikan dalam audiensi bersama orang nomor satu di kepolisian wilayah Jatim itu. Salah satunya, semakin meningkatnya persebaran berita bohong, serta disinformasi yang bersifat memecah belah publik.

"Kita sama-sama melihat, bahwa ujaran kebencian, berita bohong, dan segala macam itu intensitasnya akan semakin tinggi. Karena itu, dibutuhkan koordinasi yang lebih bagus," kata Arief Rahman.

Menurutnya, () yang diinisiasi bersama oleh Jatim, Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, dan Pemprov Jatim sejak tahun lalu, bisa menjadi salah satu solusi menghadapi badai informasi di . Semua pemangku kepentingan akan turut dilibatkan untuk mengedukasi publik dan memberikan pemahaman dengan verifikasi informasi dan cek fakta.

"Ini sudah hampir terbentuk di semua daerah Jawa Timur, dan itu sebetulnya embrio yang sangat bagus. Kapolda juga berharap, kita bisa sama-sama mengingatkan publik, supaya semuanya bisa berjalan baik, dan siap bekerja sama," lanjutnya.

Menurut Arief Rahman,  ini merupakan momentum kritis yang butuh penyikapan dan antisipasi. Mengingat, persoalan bersama itu dapat memecah belah masyarakat dengan upaya-upaya polarisasi serta membesarnya friksi sosial.

"Itu yang akan jadi konsen kita bersama, , dan kepolisian. Memang kepolisian tidak akan bisa sendiri, dan kapolda menyampaikan, sebagai asosiasi yang menaungi media mainstream dan profesional, diharapkan perannya untuk membantu," tambahnya.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO