Senin, 01 Juni 2020 05:19

​Puasa dalam Suhu 45 Derajat, Rakyat Sudan Tetap Demo Tuntut Perubahan Kekuasaan ke Sipil

Kamis, 09 Mei 2019 23:13 WIB
Editor: Choirul
​Puasa dalam Suhu 45 Derajat, Rakyat Sudan Tetap Demo Tuntut Perubahan Kekuasaan ke Sipil
rakyat Sudan, menuntut kepada kekuasaan sipil. foto: net

BANGSAONLINE.com - Di Sudan, meskipun puasa Ramadhan di suhu panas, pengunjuk rasa tanpa lelah menuntut tentara menyerahkan kekuasaan kepada warga sipil.

Puasa selama 14 jam, dan dalam kondisi suhu panas, rakyat Sudan melanjutkan gerakan menuntut kekuasaan pada sipil. "Kami mampu bertahan dari Ramadhan dan panas," kata Hassan Buchra, salah seorang pengunjuk rasa, dikutip AFP. Diketahui, suhu di Sudah mencapai titik 45 derajat.

"Kami mampu bertahan dari peluru dan bom (Presiden Omar) al-Bashir yang jatuh dan kami akan selamat dari hawa panas. Kami orang Sudan, kami sudah terbiasa dengan itu," tambahnya.

Ribuan pemrotes berkemah 24 jam sehari di depan markas militer, menuntut agar para jenderal yang merebut kekuasaan dengan mengusir Bashir, menarik diri, dan menyerahkan kekuasaan kepada warga sipil.

Sebulan yang lalu, para demonstran mengambil alih markas militer ini. Itu dilakukan pada 11 April. Tetapi Dewan Militer yang beranggotakan 10 orang, merebut kembali kekuasaan dari mantan presiden. Dan ini membuat marah para pemrotes yang menuntut pemerintah sipil. “Kami tetap bertahan di sini, meski kami dalam kondisi puasa,” teriak mereka.

"Kami berjuang untuk suatu tujuan, untuk kekuasaan sipil, untuk mencabut rezim dan untuk mengusir dewan militer," kata Abdelgadir Mohamed, sebelum melakukan doa malam.

Mr Mohamed adalah salah satu dari pemrotes yang berbuka puasa di sekitaran markas militer. Aksi ini diselenggarakan oleh Alliance for Freedom and Change (ALC). Beberapa jam sebelumnya, sukarelawan menyiapkan sup ayam dan busuk, semur kacang, hadir di semua meja Sudan.

Pada saat berbuka puasa, mereka membagikan air, kurma, roti dan sajadah . Yang lain menyemprotkan air ke kerumunan untuk mengurangi efek panas. "Orang-orang menyumbangkan uang untuk jamuan buka puasa," kata Anwar Mahmoud, seorang juru masak.

"Kami akan terus menyiapkan jamuan setiap hari hingga akhir Ramadhan," katanya sambil memegang panci besar sup ayam. Yang lain, dengan semangat solidaritas, membawa hidangan yang dimasak kepada para demonstran. "Kami akan tinggal di sini selama dua, tiga atau empat bulan sampai seluruh rezim jatuh," kata seorang pemrotes, sambil mencicipi supnya.

Yang lain, Hossameddine Othman, mengatakan dia siap untuk tinggal di sana bahkan sampai Ramadhan berikutnya. "Kami akan makan, kami akan tidur dan berdoa di sini selama bulan Ramadhan," katanya. "Kami akan tinggal sampai Ramadhan tahun depan, sampai tuntutan kami dipenuhi."

Sumber: lemuslimpost.com
Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...