Pemprov Jatim Gelar Mudik Gratis 2019, Disediakan 560 Armada Bus

Pemprov Jatim Gelar Mudik Gratis 2019, Disediakan 560 Armada Bus Kepala Dishub Jatim, RB. Fattah Jasin.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini kabar gembira untuk warga Jawa Timur. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur lewat Dishub Jatim kembali menggelar program mudik gratis Lebaran 2019.

Dalam program tahunan tersebut, Dishub Jatim menyiapkan sebanyak 560 armada bus dengan kapasitas 28.000 tempat duduk.

Pendaftaran secara online dimulai pada Senin (22/4) melalui situs mudikgratis.dishub.pemprovjatim.go.id. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara manual dengan mendatangi kantor Dishub Jatim di Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Syarat yang harus dipenuhi, baik oleh pendaftar online maupun offline, cukup menunjukkan e-KTP atau foto kopi e-KTP. “Jika pemesanan lebih dari satu orang, pendaftar bisa menunjukkan kartu keluarga (KK),” kata Kepala Dishub Jatim, RB. Fattah Jasin di komplek kantor Gubernur Jatim, Senin (29/4).

Fattah menambahkan, nantinya pendaftar akan diverifikasi untuk memastikan apakah benar-benar mendaftar. Verifikasi digelar pada 29-30 April di Kantor Dishub Jatim.

Pelaksanaan mudik gratis ini dilakukan pada H-7 Lebaran atau pada 1 dan 2 Juni 2019 mendatang atau selama dua hari. Sebab, Hari Raya Idul Fitri diperkirakan pada 5 atau 6 Juni 2019. Mudik gratis ini melayani semua jurusan. Dari Surabaya ke barat sampai ke Madiun termasuk ke Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Malang, Madura, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Pasuruan, Banyuwangi, Jember dan Lumajang.

Fattah juga mengatakan bahwa, Dishub Jatim juga memfasilitasi mudik lewat kapal laut. Mudik jalur ini lebih banyak memfasilitasi wilayah kepulauan, salah satunya di Madura. Seperti di kepulauan Bawean, Kalianget, Sapudi, Kangean, Masalambu, dan kepulauan lain di Jatim.

“Untuk mudik kapal laut, kami menyediakan sekitar 20-30 kapal. Kami targetkan ada 100.000 penumpang yang menggunakan moda transportasi laut tersebut," pungkas mantan Pj Bupati Pamekasan itu. (mdr/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Mudik Ke Madiun, Siap-Siap Diisolasi Di Bekas Penjara Belanda Yang Angker':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO