Kamis, 17 Oktober 2019 08:11

Emil Dardak Apresiasi Penyelenggaraan Capital Market Summit and Expo 2019 di Jatim

Jumat, 26 April 2019 20:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Emil Dardak Apresiasi Penyelenggaraan Capital Market Summit and Expo 2019 di Jatim
Wagub Jatim, Emil Dardak berbicara dengan R. Soeroso Dirut Bank Jatim (demisioner) saat menghadiri Capital Market Summit and Expo 2019 Festival Pasar Modal di Dyandra Convention Center Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi dan berterima kasih atas dipilihnya Provinsi Jawa Timur sebagai tempat pertama penyelenggaraan Capital Market Summit and Expo Tahun 2019. Dirinya meyakini dipilihnya Jatim sebagai tempat penyelenggaraan adalah sebuah keputusan yang tepat, apalagi provinsi paling timur di Pulau Jawa ini merupakan kekuatan ekonomi terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta.

"Kami meyakini pilihan di Jatim ini menjadi penting dan tepat karena Jatim punya potensi luar biasa. Kami sangat mengapresiasi dan yakin keputusan penyelenggaraan di sini akan menjadi hub bukan hanya bagi Jatim, tapi juga Indonesia bagian timur," kata Emil saat menghadiri Capital Market Summit and Expo 2019 Festival Pasar Modal di Dyandra Convention Center Surabaya, Jum'at (26/4).

Menurutnya, dengan penyelenggaraan Capital Market Summit and Expo 2019 di Jatim dalam hal ini Surabaya, akan banyak perusahaan calon emiten. Artinya, begitu perusahaan ini punya akses ke pasar modal, maka investasi yang masuk ke Jawa Timur akan semakin besar. Karena perusahaan yang tercatat ini tentunya punya kredibilitas yang baik, sehingga semakin dipercaya dan tentunya semakin amanah dalam mengelola investasi dana masyarakat.

“Kalau di ilmu ekonomi istilahnya saving investment, bagaimana antara uang saving di masyarakat dan investment ada jalurnya. Masyarakat sekarang ini tidak mau cuma satu instrumen tabungan aja, mereka mau investasi. Kalu semakin banyak emitennya, maka pasar modal kita semakin bergairah,” katanya.

Emil mengatakan, ke depan postur industri ekonomi akan didorong ke jasa perdagangan dan industri. Untuk itu Pemprov Jatim fokus pada tiga track. Pertama adalah industri 4.0, seperti mengembangkan kemampuan profesi milenial. Kedua, mendorong kompetensi dasar SMK semacam realokasi jurusan sesuai dengan prioritas yang dikembangkan komite ekonomi dan industri. Ketiga, bila kedua hal tersebut sudah berkembang maka akan ada financial technology (fintech).

“Tiga hal ini tentunya akan berkorelasi juga dengan kemajuan sektor keuangan. Karena semakin industrinya kompetitif, sektor keuangannya akan ikut naik. Sektor keuangannya naik, maka uangnya akan masuk ke industri-industri nya sehingga makin kompetitif lagi,” jelasnya.

Ditambahkannya, secara global ada tuntutan besar bagi Jatim untuk segera bertransformasi ekonomi yang bertumpu pada jasa dan perdagangan. Ia berharap injeksi sisi investasi meningkat sehingga Jatim tidak hanya menjadi pasar tapi juga produsen.

“Kami meyakini flow of invest lebih teraktualisasi bila perusahaan di Jatim punya akses terhadap capital market. Perusahaan akan berpotensi menyemarakkan emiten pasar modal di Indonesia. Akses kepada capital market ini akan mendorong investasi meningkat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Hoesen mengatakan, acara ini merupakan bentuk komitmen OJK bersama stakeholder di bidang pasar modal untuk mendorong edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat di berbagai daerah. Rencananya pada tahun 2019, acara ini akan diselenggarakan dua kali yakni Surabaya dan Jakarta.

Menurutnya, Provinsi Jatim dipilih sebagai kota pertama penyelenggaraan acara ini karena provinsi ini punya potensi pengembangan pasar modal yang sangat baik. Berdasarkan data supply dan demand perusahaan go publik dan investor, Jatim ada di urutan kedua setelah Jakarta dengan jumlah 34 perusahaan go public dan investor lebih dari 180 ribu single investor identity. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...