Rabu, 19 Februari 2020 10:53

Sempat Ada Perbedaan Data, KPU Tuban Batal Selenggarakan PSU di Sugiharjo

Kamis, 25 April 2019 18:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Sempat Ada Perbedaan Data, KPU Tuban Batal Selenggarakan PSU di Sugiharjo
Salamun, Komisioner KPU Tuban Divisi Teknis dan Penyelenggara.

TUBAN,BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban mendapatkan laporan adanya perbedaan rekap data yang terjadi di Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Dari kejadian itu, KPU Tuban diminta untuk melakukan pemungutan ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diduga terdapat kekeliruan oleh salah satu saksi.

Komisioner KPU Tuban Divisi Teknis dan Penyelenggara Salamun, membenarkan sempat terjadi perbedaan sedikit dari data yang dimiliki KPU dan salah satu saksi. Namun, setelah didikusikan dan dilakukan analisa maupun pencocokan data, ternyata tidak ada yang berbeda.

"Itu hanya salah pengisian berita acara saja, setelah dicocokkan semua sudah klop," ujar Salamun saat ditemui BANGSAONLINE.com, Kamis (25/4).

Karena sudah klop, dirinya menegaskan tidak akan ada pemungutan suara ulang. Sebelumnya, rekomendasi yang diterima KPU juga tidak dilakukan secara tertulis, melainkan sebatas lisan.

"Tidak ada pemungutan ulang, itu hanya kesalahan sedikit. Data sudah kita adu dan disamakan, akhirnya kita tidak temukan perbedaan," tegasnya.

Sementara itu, hingga saat ini proses rekapitulasi perhitungan suara masih dilakukan di tingkat kecamatan. Masih terdapat beberapa kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi suara. Di antaranya, Kecamatan Tuban, Merakurak, Kerek, Soko, Parengan, dan Grabagan. 

"Tinggal 6 kecamatan yang belum merampungkan rekapitulasi perhitungan suara. Setelah semua selesai, rekapitulasi dilanjutkan di tingkat Kabupaten, dan dijadwalkan akan dilakukan pada Senin (29/4) depan," pungkasnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...