Bawaslu Gelar Apel Akbar Cegah Politik Uang Pada Masa Tenang, Wawali Pimpin Cek Pasukan

Bawaslu Gelar Apel Akbar Cegah Politik Uang Pada Masa Tenang, Wawali Pimpin Cek Pasukan Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo saat memimpin cek pasukan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pasuruan menyelenggarakan apel siaga patroli pengawasan masa tenang bertempat di halaman Polres Pasuruan Kota, Sabtu (13/4) pagi April 2019.

Apel itu dieselenggarakan dalam rangka pengawasan untuk mencegah politik uang pada masa tenang pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Dalam kesempatan, Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo berkesempatan memimpin cek pasukan didampingi Kapolres, Dandim, dan Ketua Bawaslu. Adapun apel ini diikuti unsur TNI/Polri di wilayah hukum Pores Pasuruan Kota, anggota dan jajaran staf Bawaslu Kota Pasuruan, Ketua Panwascam, pengawas desa kelurahan, serta seluruh pengawas TPS.

Ketua Bawaslu RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Mohammad Anas, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengawas di seluruh Kota Pasuruan.

"Khususnya atas kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh untuk menunaikan penggilan mulai sebagai pengawal demokrasi. Mulai hari ini kita akan bergerak serempak di seluruh wilayah pengawasan. Dan karena itu, indeks kerawanan Pemilu (IKP) 2019 yang memuat hasil penilaian terhadap potensi pelanggaran dan kerawanan, menjadi instrument handal bagi kita dalam memproyeksikan langkah-langkah antisipatif terhadap praktik politik uang, propaganda isu sara, berita tidak benar, serta ujaran kebencian serta potensi-potensi pelanggaran lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut diharapkan kepada Bawaslu Kota Pasuruan, pengawas di tingkat kecamatan, dan desa kelurahan agar membaca dan mempelajari dengan seksama setiap data yang tersaji dalam IKP 2019 untuk menuntun proses perencanaan strategi pencegahan dan pengawasan di wilayah masing-masing. Selain itu, penting juga bagi personil tim patroli agar mengenali dan memahami karakteristik serta kecenderungan perilaku sosial kemasyarakatan di wilayah patrolinya.

Seusai apel dilanjutkan dengan pelepasan balon bersama ke udara oleh Wakil Wali Kota dengan seluruh undangan yang hadir. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO