Senin, 19 Agustus 2019 13:39

Gubernur Apresiasi Kolaborasi Dunia Usaha, Industri, dan Perguruan Tinggi Ciptakan Kampung Hijau

Minggu, 07 April 2019 01:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Gubernur Apresiasi Kolaborasi Dunia Usaha, Industri, dan Perguruan Tinggi Ciptakan Kampung Hijau
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri pemecahan Rekor Muri Tempenosaurus dan Peresmian Kampung Hijau Desa Beji di Jatim Park 3 Kota Batu. foto: ist

BATU, BANGSAONLINE.com - Kolaborasi antara akademi dunia Usaha (Jatim Park Grup), dunia industri perusahaan, bersama perguruan tinggi (PT) seperti Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam menciptakan kampung hijau patut diapresiasi. Alasannya, kolaborasi yang dilakukan tersebut mampu merubah budaya dan menghasilkan peningkatan ekonomi di Kota Batu. 

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri pemecahan Rekor Muri Tempenosaurus dan Peresmian Kampung Hijau Desa Beji di Jatim Park 3 Kota Batu, Sabtu, (6/4). 

Ia mengatakan, kolaborasi atau partnership yang dilakukan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri di Kota Batu terbukti dapat terjalin dengan baik sehingga memberikan dampak yang signifikan. 

Khofifah menyatakan, kolaborasi yang telah dilakukan antara perguruan tinggi dengan perusahaan telah terbukti menjadikan Kota Batu angka kemiskinan masyarakatnya terendah di Jatim. Tak hanya itu, angka pengangguran juga turun drastis dan terpenting angka gini rasionya sangat kecil.

"Ketimpangan sosial di Kota Batu ini sangat kecil di Jatim. Hal ini disebabkan oleh pengelolaan wisata yang dijalankan melibatkan peran serta masyarakat sehingga gerakan ini memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik," tegasnya. 

Menurutnya, kesuksesan dari pembangunan peradaban manusia di manapun tidak terlepas dari People Center Development. "Artinya semua sektor dari seluruh pembangunan yang ada, harus memperkuat pembangunan manusia di dalamnya. Membangun perkampungan sama halnya dengan membangun peradaban. Sementara, membangun peradaban sama halnya dengan membangun tatanan sosial, budaya hingga estetikanya," tuturnya.

Dicontohkannya, kolaborasi yang telah terjalin antara perguruan tinggi dengan koorporasi menjadikan Kampung Jodipan yang dahulu dikenal sebagai kampung yang kumuh berubah menjadi kampung dengan tujuan destinasi wisata baru. 

"Melalui video testimoni dari masyarakat di kampung jodipan bisa ditarik kesimpulan perekonomian keluarganya meningkat yang dahulunya sebagai buruh cuci sekarang bisa memperoleh pendapatan dari pengelolaan kampung dengan tujuan wisata," imbuhnya. 

Rektor UMM Dr. Fauzan M.Pd mengatakan, kampung hijau tempenosaurus ini diprakarsai dan dilatar belakangi oleh kurangnya kampung-kampung yang berorientasi pada lingkungan. Kampung Hijau ini diadopsi dari Kampung Jodipan yang dahulu kumuh sekarang berubah menjadi kampung yang indah sekaligus menjadi destinasi baru Wisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

"Mari kita merawat kampung kampung hijau agar tercipta eksosistem lingkungan yang sehat. UMM akan senantiasa berkolaborasi untuk memberikan sumbangsing bagi bangsa dan negara," terangnya. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...