Rabu, 21 Agustus 2019 06:31

Wabup Arifin Ajak Penggemar Motor Peduli Lingkungan dan Alam

Sabtu, 23 Maret 2019 19:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Wabup Arifin Ajak Penggemar Motor Peduli Lingkungan dan Alam
Wabup Trenggalek Nur Arifin bersama para klub motor saat membersihkan sampah di pantai Kili Kili Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Wakil Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menggelar kegiatan Ride For The Earth atau Berkendara Untuk Bumi yang diikuti oleh para penggemar motor gede serta beberapa klub sepeda motor lainnya, Sabtu (23/3).

Kegiatan Ride For The Earth ini dipusatkan di kawasan konservasi penyu yang berada di pantai Kili Kili Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Tepat pukul 06.30 WIB, pria yang karib disapa Gus Ipin ini, beserta ratusan penggemar motor berangkat dari depan Masjid Agung Trenggalek menuju kawasan Pantai Kili Kili. Turut hadir juga jajaran Forkopimda beserta beberapa kepala OPD. Mereka juga berangkat mengendarai kendaraan roda dua.

Perjalanan menuju kawasan konservasi penyu ini terbilang cukup cepat, yakni satu jam. Padahal umumnya rata-rata berkendara dari Trenggalek menuju ke Panggul dibutuhkan waktu tak kurang dari satu setengah jam.

Setibanya di kawasan konservasi penyu atau pantau Kili Kili, Arifin lantas menggelar apel serta memberikan arahan sejenak pada rombongan untuk secara bersama-sama membersihkan Pantai Kili Kili dari sampah, utamanya sampah plastik.

Selain membersihkan sampah, Arifin juga mengajak para penggemar motor ini untuk memberikan kompensasi akibat emisi karbondioksida yang ditimbulkan oleh mesin kendaraan bermotor. Kompensasi tersebut berupa donasi dari seluruh para penggemar untuk selanjutnya dirupakan dalam bentuk bibit bambu.

Dikatakan oleh Arifin dalam sambutannya, donasi yang terkumpul dari kegiatan hari ini totalnya mencapai 9 juta. "Jadi donasi ini semuanya kita rupakan dalam pembelian bibit bambu. Kenapa bambu? Karena bambu memiliki fungsi ekologi dan ekonomi," paparnya.

Arifin lantas menjelaskan dari sisi ekologi bambu. Selain mampu menyimpan air lebih baik, akar bambu sangat kuat mengikat tanah, sehingga jika ditanam di kawasan lereng akan mengurangi terjadinya longsor.

Dari sisi ekonomi, kata Arifin lebih lanjut, bambu selain digunakan untuk bahan kerajinan, juga bisa digunakan untuk garmen dan konstruksi rumah.

Selain bersih sampah, Arifin bersama para penggemar motor juga menggelar dialog yang kemudian diakhiri dengan pembacaan deklarasi peduli lingkungan yang diikuti oleh seluruh rombongan. (man/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...