Atasi Genangan di Jalan Kartini Bangil, Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 700 Juta

Atasi Genangan di Jalan Kartini Bangil, Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 700 Juta

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengurangi genangan air yang kerap melanda Jalan Kartini, Kecamatan Bangil, saat musim hujan tiba, pihak Dinas PU Bina Marga akan membangun sudetan. Anggaran ratusan juta rupiah sudah disiapkan untuk mengatasi problem genangan air tersebut.

Menurut keterangan Plt Kabid Perencanaan Eko Bagus ST pada BANGSAONLINE.com, pada saat musim hujan jalan Kartini Bangil kerap sekali digenangi banjir. 

"Penyebabnya, air kiriman dari selatan tidak ada saluran pembuang, sehingga menggenang di sana. Untuk mengatasi masalah itu, perlu dibangun saluran pembuang," jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada tahun ini pihak PU Bina Marga menganggarkan dana untuk pembangunan median jalan (trotoar dan gorong–gorong) di Jalan Kartini Bangil dengan anggaran Rp 700 juta. 

"Kalau untuk di sekitar Plasa Bangil sudah dibenahi tahun lalu berupa pelebaran jalan dan pembangunan gorong-gorong," tambahnya.

Kegiatan pelebaran tersebut dilakukan guna memperlancar arus kendaraan dari timur yakni arah Banyuwangi dan sekitarnya menuju Surabaya. Untuk lajur di sisi utama memang belum bisa dilakukan karena banyak kendala. 

"Di antaranya akses jalan dekat dengan rumah penduduk perlu pembebasan tanah peduduk. Butuh anggaran yang tidak sedikit karena harus membebaskan lahan dan rumah penduduk," jelas Eko. (bib/par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO