Tahun Ini, 862 Pelajar SMA Ikuti Seleksi Paskibra Sidoarjo

Tahun Ini, 862 Pelajar SMA Ikuti Seleksi Paskibra Sidoarjo BERSAING: Pelajar SMA saat mengikuti tahap awal seleksi Paskibra, di halaman gedung Tennis Indoor GOR Delta, Senin (18/3). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Minat pelajar menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) sangat tinggi. Buktinya, 862 pelajar SMA mengikuti seleksi Paskibra pada tahun ini.

Seleksi diawali melalui upacara di halaman gedung Tennis Indoor GOR Delta, Senin (18/3). Saat pembukaan, Sekda Achmad Zaini mengatakan, menjadi anggota Paskibra suatu kebanggan tersendiri. Sebab tidak semua siswa bisa lolos seleksi.

Dari ratusan pendaftar, hanya dipilih 78 siswa untuk menjadi anggota Paskibra yang bakal bertugas pada peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini. “Korps Paskibra ini prestisius karena tidak semua generasi muda bisa mendapatkan kesempatan,” ucapnya.

Sekda juga bangga atas prestasi anggota Paskibra . Tahun 2015 lalu, salah satu anggotanya terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara. Dan setiap tahunnya, anggota Paskibra selalu terpilih menjadi anggota Paskibra Provinsi Jatim.

Zaini berharap tahun ini hal tersebut dapat kembali terulang. “Jadi adik-adikku ada kesempatan untuk terpilih di tingkat nasional dan provinsi. Tolong kalau nanti terpilih menjadi anggota Paskibra nasional maupun provinsi, jaga nama baik pribadi, keluarga, maupun Pemkab ,” pesannya.

Kepala Disporapar Djoko Supriyadi menyatakan, peserta menempuh sejumlah tahapan seleksi. Pertama, pengukuran tinggi badan, berat badan dan pengetahuan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Selanjutnya tes kesamaptaan serta kebugaran fisik dan PBB, pada 19 Maret.

Tes seleksi tahap ketiga digelar 20 Maret 2019. “Pada seleksi tahap pertama nanti akan dipilih 200 peserta, tahap ketiga 100 peserta dan terakhir final dipilih 78 peserta untuk menjadi anggota Paskibra Kabupaten tahun 2019,” urai Djoko Supriyadi. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO