KPU Jember Hari Ini Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

KPU Jember Hari Ini Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

JEMBER, BANGSAONLINE.com - KPU Kabupaten Jember mulai hari ini, Senin (11/3), melakukan proses pelipatan kertas/surat suara (SS) Pemilu 2019. Dalam proses , KPU melibatkan sebayak 620 petugas yang berasal dari kalangan masyarakat umum. Namun dengan banyaknya kertas suara yang akan dilipat, para pekerja tersebut dibagi menjadi 20 kelompok dengan setiap kelompoknya terdiri dari 30 orang.

Pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, untuk proses , setiap petugas diberi satu dus kertas suara berisi 500 lembar. Target per hari yang harus dikerjakan setiap petugas adalah dua dus, atau 1.000 lembar kertas suara.

Komisioner KPU Jember Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Rima Diana Puspita menyampaikan, hari ini dimulai proses , yang ditargetkan dapat selesai selama 10 hari. 

"Kami melibatkan 620 petugas, dengan 20 orangnya mandor. Kemudian pengawas 10 orang dari KPU. Dibagi menjadi 20 kelompok, dengan 1 kelompok 30 orang," ujar Rima saat dikonfirmasi wartawan.

Perlu diketahui, pertama kali yang dikerjakan kertas suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi. "Sedangkan untuk sisanya masih dalam proses pengiriman," terangnya.

Untuk teknis pengerjaan ini, lanjut Rima, sortir kertas surat suara terlebih dahulu. Dimana jika ditemukan yang rusak, tercoblos, atau sobek, akan dikumpulkan, dan didata.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO