Situs Purbakala Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan di Lokasi Pembangunan Tol Mapan

Situs Purbakala Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan di Lokasi Pembangunan Tol Mapan Dwi Cahyono, sejarawan Kota Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Jejak struktur bangunan zaman Kerajaan Majapahit ditemukan warga saat pengerukan tanah yang akan dibangun jalan tol - Pandaan (Mapan).

Struktur bangunan tersebut ditemukan di bawah tanah di Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten , oleh penggali tanah bernama Supriyanto warga Desa Sekarpuro. Temuan ini menjadi perhatian warga sekitar, karena sudah viral di media sosial, sehingga banyak warga masyarakat yang ingin mengetahui lebih dekat atas temuan bangunan peninggalan sejarah tersebut.

Barang-barang kuno yang berhasil ditemukan di lokasi tersebut antara lain berupa, guci, batu bata, kuno, uang koin kuno. "Kuat dugaan bahwa di kawasan ini dulunya merupakan bekas pemukiman orang kaya kelas menengah ke atas pada abad 10 hingga abad 15 lampau," ungkap Dwi Cahyono sejarawan Kota .

Diperkirakan, lanjut Dwi, di kawasan ini pernah terdapat pemukiman lintas zaman, dimulai dari Empu Sendok (Mataram), Singhasari, hingga zaman Majapahit. Selain itu, tinggalan sejarah yang masih tampak berupa sisa struktur bangunan kuno untuk tempat tinggal warga.

"Area tinggalan bangunan kuno ini berada di lokasi strategis, yakni di sisi utara gunung Buring dan di sebelah barat terdapat sungai Amprong," terangnya, Kamis (7/3).

Sejarawan Kota itu menilai struktur bangunan yang ditemukan merupakan sebuah tangga rumah tempat tinggal. Model batu bata yang digunakan mirip dengan bangunan pada masa kerajaan Majapahit.

Ia berharap struktur yang ditemukan ini ditindaklanjuti dengan melakukan eksavasi. Menurutnya, keberadaan jejak kekayaan peradaban di sekitar lokasi pembangunan jalan tol ini sebenarnya masih bisa diselamatkan. "Salah satu caranya, bisa saja situsnya dieksavasi, kemudian dibuatkan semacam rest area di lokasi tersebut," katanya.

"Hal itu masih bisa dilakukan karena sebaran tinggalan barang kuno seperti batu bata masih bisa ditemukan, bahkan diduga tidak tertimbun terlalu dalam, karena proses erosi akibat longsor bertahun tahun," pungkas dia. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO