Puluhan Rumah di Kelurahan Sutojayan Blitar Terendam Banjir

Puluhan Rumah di Kelurahan Sutojayan Blitar Terendam Banjir Kondisi genangan air di Kelurahan Sutojayan, Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Petugas BPBD dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengevakuasi sejumlah warga terdampak banjir di Dusun Gondanglegi dan Lingkungan Belimbing, Kelurahan/Kecamatan Sutojayan, Blitar. Di dua lokasi ini, ketinggian air mencapai paha orang dewasa akibat hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (6/3/2019) siang. 

Matul, salah satu warga lingkungan Belimbing yang dievakuasi petugas mengaku memilih mengungsi karena baru saja melahirkan anak pertamanya. "Ini melahirkan baru tiga minggu, terus tadi malam sekitar jam 02.00 air di rumah sudah seperut masuk ke dalam rumah. Kemudian ada petugas yang mengevakuasi, saya langsung mengemas barang-barang dan ikut mencari tempat yang aman," ungkap Matul yang saat ini sudah berada di Kelurahan Sutojayan, Kamis (8/3/2019).

Selain Matul, lima orang Lansia juga ikut dievakuasi ke Kelurahan Sutojayan. Hingga sekarang, petugas masih menyisir wilayah terdampak untuk mengevakuasi warga yang sakit. "Warga yang sakit kami evakuasi, sementara warga yang kondisinya sehat sementara sudah kembali ke rumah untuk bersih-bersih, karena mereka mungkin sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini," ungkap Lurah Sutojayan, Sugeng.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Heru Irawan mengatakan, banjir di Kelurahan Sutojayan ini disebabkan akibat masih adanya meterial di Kali Unut yang belum dipinggirkan saat proses normalisasi. Sehingga, membuat air meluber ke pemukiman saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

"Kami segera koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), bagaimana selanjutnya agar tidak terjadi banjir. Karena saat ini masih berlangsung penanganan normalisasi sungai pengendali banjir oleh BBWS," terangnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO