Konsumsi Rokok di Pacitan Capai Puluhan Ribu Batang per Hari

Konsumsi Rokok di Pacitan Capai Puluhan Ribu Batang per Hari Aktivitas buruh linting rokok di salah satu pabrik rokok yang ada di Pacitan. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Konsumsi masyarakat terhadap rokok hingga detik ini masih cukup tinggi. Meski pemerintah getol mengampanyekan dampak bahaya merokok, namun ketergantungan masyarakat terhadap asap tembakau juga tak kunjung menurun.

Widarto, salah seorang pemilik industri kecil rokok lintingan di mengungkapkan, dalam sehari ia bisa menjual antara 20 hingga 40 bal rokok kretek ke kios maupun toko yang ada di . "Itu untuk satu jenis merek rokok kretek lokal. Belum lagi rokok pabrikan besar. Tentu secara akumulatif jumlah batangan rokok yang dikonsumsi masyarakat mencapai ribuan batang dalam sehari," kata Widarto, Kamis (28/2).

Menurut Widarto, untuk satu bal rokok berisi 2.400 batang. Bila sehari bisa terjual 40 bal, artinya rata-rata konsumsi masyarakat terhadap satu jenis merek rokok kretek mencapai 96.000 batang. "Memang tidak setiap hari bisa terjual sebanyak itu (40 bal Red). Kadang 20, 25 bal. Itu hitungan tertinggi penjualan sehari," jelasnya.

Widarto menambahkan, tingginya konsumsi masyarakat terhadap rokok bukan hanya terjadi di . Namun kasus tersebut berlangsung secara global. "Secara nasional konsumsi masyarakat terhadap rokok masih sangat tinggi. Tentu kontribusi kepada negara dalam bentuk cukai tembakau juga sangat tinggi," terang dia. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO