Minggu, 26 Mei 2019 19:01

Gubernur Khofifah Hadiri Munas-Konbes NU 2019

Rabu, 27 Februari 2019 23:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Gubernur Khofifah Hadiri Munas-Konbes NU 2019
Gubernur Jatim, Hj, Dra. Khofifah Indar Parawansa M.Si berbincang akrab dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan Yenny Wahid di arena Munas-Konbes NU 2019.

BANJAR, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas-Konbes NU) 2019 yang berlangsung di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2).

Kegiatan Munas-Konbes NU 2019 ini dibuka secara langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. Selain Presiden, turut hadir pada acara ini antara lain Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Agama H. Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Rais ‘Aam PBNU KH Miftahul Ahyar.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan, bahwa NU adalah organisasi terbesar di Indonesia yang memiliki kontribusi besar untuk negara. Peran NU ini sangat dibutuhkan sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejarah membuktikan NU telah memberikan kontribusi dalam menjaga dan merawat NKRI. Siapa pun yang ingin memecah belah NKRI dan mempertentangkan Pancasila akan berhadapan dengan NU,” jelasnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas tema Munas dan Konbes NU 2019, yakni Memperkuat Ukhuwah Wathoniyah untuk Kedaulatan Rakyat. Tema ini sangat penting, untuk meningkatkan rasa persaudaraan sebangsa dan senegara. “Jangan sampai urusan pesta demokrasi baik pilihan bupati/wali kota, gubernur, maupun presiden akan memecah belah ukhuwah kita,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Aqil Siroj mengatakan, mandat sejati dari kekuasaan adalah kemaslahatan sebesar-besarnya rakyat Indonesia. Oleh sebab itu, pelaksanaan pilpres, pileg dan pilkada tidak boleh berhenti sebagai ajang suksesi kesuksesan. “Kebijakan seorang pemimpin sangat terkait dengan kemaslahatan,” ujarnya.

Ditambahkan, salah satu perubahan kedaulatan rakyat itu juga ditandai oleh gelombang Revolusi Industri 4.0 yang tertumpu pada penggunaan massif teknologi informasi. Selain itu, Revolusi Industri 4.0 ini juga berdampak luas terutama pada sektor lapangan kerja . “Kita harus bisa menyambut peluang-peluang baru dengan tanpa menciptakan ketimpangan sosial. Ini adalah tantangan bagi kita semua,” ungkapnya.

Munas-Konbes NU yang digelar hingga 1 Maret 2019 ini diikuti oleh perwakilan-perwakilan Pengurus Wilayah NU (PWNU) dari 34 provinsi, lembaga dan badan otonom NU di tingkat pusat, serta para kiai dari berbagai pesantren di Indonesia. Termasuk PP Muslimat NU yang dipimpin oleh Khofifah. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...