Wawali Malang Serahkan 185 Sertifikat PTSL ke Warga Lesanpuro

Wawali Malang Serahkan 185 Sertifikat PTSL ke Warga Lesanpuro Wawali Sofyan Edi J, didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kota Malang H Masduki SH, foto bersama warga penerima sertifikat PTSL. Foto: IWAN IRAWAN/BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Ir H Sofyan Edi J, menyerahkan sertifikat (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) kepada 185 warga Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, . Penyerahan secara simbolis itu dilakukan di aula kantor Kelurahan Lesanpuro, Senin (25/02/19).

Sofyan Edi mengucapkan rasa terima kasih atas kerja keras Kantor Pertanahan , yang secara perlahan terus menyelesaikan target sertifikat yang ditentukan. "Dengan keterbatasan tenaga sebanyak 65 personil, tapi ternyata mampu menyelesaikan puluhan ribu sertifikat di ," ucapnya.

Pihaknya berharap Kantor Pertanahan senantiasa bisa mengimbangi tuntutan dari pemerintah pusat. Yakni di tahun 2025, semua tanah sudah bersertifikat secara jelas dan benar, tidak ada lagi persengketaan. Sertifikat dikeluarkan sesuai ukurannya dan memiliki kepastian hukum (sah).

"Kami mengimbau kepada pemilik sertifikat, bahwa kebutuhan tersebut tidak boleh secara konsumtif. Melainkan produktif, sebagai peningkatan usaha atau penambahan modal usaha," imbaunya.

Kepala Kantor Pertanahan H Masduki menambahkan bahwa pada dua minggu yang lalu, sebanyak 111 warga Lesanpuro lainnya telah menerima sertifikat terlebih dulu non simbolis.

Menurut Masduki, masih ada lagi sejumlah 141 surat permohonan sertifikat milik warga Lesanpuro, yang masih diproses. "Dalam waktu dekat, segera diserahkan ke warga. Dan penyerahan ini terus berkelanjutan sampai kuota terpenuhi 7500 hingga 10.000 sertifikat," tambahnya.

Masih kata Masduki, sejauh ini sertifikat yang sudah diterbitkan kantor Pertanahan ada di lima kelurahan seperti Tlogomas, Mulyorejo, Madyopuro, Lesanpuro, serta Bandulan dengan total sebanyak 1.314 sertifikat.

"Terbanyak di Kelurahan Mulyorejo, ada 613 sertifikat, disusul 4 kelurahan lainnya sekitar 200 atau 100 sekian. Dan insya Allah, besok bertempat di Kelurahan Bandulan diserahkan secara simbolis sebanyak 150 sertifikat," pungkasnya. (iwa/thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO