Sujiwo Tejo 'Menghipnotis' Ribuan Mahasiswa Pamekasan

Sujiwo Tejo Sujiwo Tejo saat mengisi acara Talkshow di IAIN Madura.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Presiden Jancukers, , mengisi acara Talkshow Kebudayaan Madura yang juga dihadiri Wakil Bupati Raja'e yang digelar di halaman IAIN Madura, , Madura, jawa timur, Sabtu (23/2/19) malam.

Dalam acara itu, mengajak masyarakat Madura bangga terhadap kebudayaannya. “Banyak yang tak tahu tentang kebudayaannya, harus bagaimana karena tak tahu asal-usulnya dari mana,” ujar .

lalu mencontohkan Carok yang merupakan bagian dari budaya Madura. Namun yang perlu ditekankan, menurutnya, bukan pada saling bunuh-membunuhnya. Namun, lebih kepada cara hidup yang harus bermartabat dan membela harga diri.

"Ambil sarinya, buang ampasnya," katanya.

Ia mengibaratkan jenis kebudayaan dalam masyarakat adalah sistem metabolisme tubuh. Beragam makanan bisa masuk, namun ketika dikeluarkan justru hanya yang menjadi keringat, kotoran, atau kencing. “Itu tandanya sistem metabolisme kita baik,” ucapnya.

Pria yang lahir di Jember ini mengaku bergelut dengan musik barat. Tidak jarang, ia harus ke cafe dan mendengarkan lagu-lagu eropa, namun dari kegemarannya, justru bisa menghasilkan lagu-lagu barat.

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO