KPU Gresik Sosialisasi ke Kalangan Pemuda Genjot Partisipasi Pemilu

KPU Gresik Sosialisasi ke Kalangan Pemuda Genjot Partisipasi Pemilu Divisi SDM & Parmas KPU Gresik, Makmun, saat menyosialisasikan Pemilu 2019. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com kian intens menyosialisasikan pemilu 2019 guna menggenjot angka partisipasi masyarakat. Sabtu (23/2), dengan menggandeng Relawan Demokrasi, menyosialisasikan pentingnya mencoblos kepada 100 kader muda di Desa Bedanten Kecamatan Bungah.

Lestari Widodi, pembina kader muda Desa Bedanten memberikan apresiasi kepada karena sudah bersedia turun di tengah pemuda guna menyosialisasikan pentingnya berpemilu.

"Pengetahuan yang akan kami serap nanti tidak akan berhenti di sini. Kami akan bergerak bersama menyuskseskan pemilu sampai pelosok desa, karena semua warga mempunyai hak politik," terangnya.

Sementara Divisi SDM & Parmas , Makmun menyatakan, sosialisasi dilakukan guna meningkatkan angka partisipasi masyarakat, serta upaya menekan angka golput (golongan putih). "Upaya ini juga untuk mengukur kedewasaan pemuda, seberapa pedulinya terhadap pemilu," paparnya.

Ia menyampaikan tujuh hal penting berkaitan pemilu 2019, yaitu pentingnya berpemilu dan partisipasi masyarakat, cek DPT melalui info pemilu, waktu pelaksanaan pemilu, peserta pemilu, pemilih, tata cara pindah milih, dan cara menjadi pemilih cerdas.

Di hadapan ratusan pemuda-pemudi, Makmun juga menegaskan agar tidak memindah atau merusak alat peraga kampanye (APK) milik calon, baik calon presiden wakil presiden maupun legislatif. Mengingat, sanksi yang dijatuhkan sangat berat, yakni pidana.

"Jangan pernah menurunkan atau memindahkan APK calon. Jika rusak, sanksinya adalah pidana. Cukup laporkan ke Panwaslu Kecamatan atau ke Bawaslu Kabupaten bila APK tersebut menggangu," imbau Makmun.

Sosialisasi diakhiri dengan dialog dan tanya jawab dan Deklarasi Sukseskan Pemilu 2019. KPU mengimbau agar masyarakat memanfaatkan hak pilih untuk datang ke TPS pada Rabu, 17 April 2019. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO