Peringati HPSN, Jajaran Polres Bangkalan Kerja Bakti Bersihkan Bibir Pelabuhan Kamal

Peringati HPSN, Jajaran Polres Bangkalan Kerja Bakti Bersihkan Bibir Pelabuhan Kamal Kapolres Bangkalan AKBP Boby P. Tambunan memberikan pengarahan sebelum memulai bersih-bersih pantai Pelabuhan Kamal Barat dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kamis (21/02/2019). foto: FAUZI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSONLINE.com - Pasukan Hijau di bawah Komando Kapolres Bangkalan AKBP Boby P. Tambunan membabat habis sampah di bibir pantai Pelabuhan Barat Kamal, Kamis (21/02/2019). Hasilnya, sebanyak sebanyak 4,02 Ton sampah berhasil dikumpulkan.

Kerja bakti bersih-bersih Pelabuhan Kamal itu digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Menurut Kapolres, HPSN ini merupakan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya pengelolaan sampah untuk hidup bersih, sehat, dan bernilai dalam rangka mewujudkan Indonesia bersih sampah 2020.

Dalam sambutannya, Boby P. Tambunan mengenang peristiwa bencana tahun 2006 di TPA Leuwigajah yang menelan korban 150 jiwa lebih akibat longsor sampah. "Saya menjadi saksi sejarah saat itu, karena waktu itu menjadi Kapolsek di Cimahi. Ini bagian titik balik, bahwa sampah semakin banyak, semakin menumpuk setiap harinya, kita harus merubah perilaku menjadi peduli sampah," ujar Boby.

Boby mengajak semua lapisan masyarakat peduli terhadap sampah. "Kita harus disiplin buang sampah pada tempatnya, mengurangi konsumsi benda-benda yang sulit terurai, serta bagaimana membudidayakan ide-ide kreatif, sehingga sampah menjadi bernilai, menjadi lebih sehat, dan berharga," ucapnya

Kapolres lantas mencontohkan Kota Surabaya yang mana wilayahnya sudah tertata rapi, hijau, bersih. "Bangkalan harus mencontek sebagai bibir Surabaya," pinta Kapolres.

"Oleh karena itu, momentum ini adalah waktu yang tepat untuk mengimplementasikan dalam bentuk kegiatan kerja bakti sosial, agar menciptakan lingkungan bersih dan sehat," pungkasnya.

Selain jajaran Polres, kerja bakti ini juga diikuti jajaran TNI, pelajar SMP, SMA, SMK dengan total peserta sebanyak 465 orang. Mereka berhasil mengumpulkan 4 Ton sampah hanya dalam waktu dua jam di lingkungan pelabuhan kamal. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO