Minggu, 26 Mei 2019 23:08

Lomba K3 2019, Petrokimia Libatkan Warga Sekitar

Selasa, 19 Februari 2019 09:50 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Lomba K3 2019, Petrokimia Libatkan Warga Sekitar
Demo tim Damkar Petrokimia Gresik saat memadamkan kebakaran. foto: Syuhud/ bangsaonline.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT. Petrokimia Gresik (PG), anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (SI), menggelar lomba kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di lahan kosong di areal pabrik, Selasa (19/2). Lomba dalam memperingati Bulan K3 Nasional 2019 ini melibatkan anak perusahaan, kontraktor, perusahaan di bawah Yayasan Petrokimia Gresik (YPG), dan perusahaan sekitar. Selain itu, untuk pertama kalinya PG melibatkan masyarakat sekitar perusahaan dari 8 desa/kelurahan.

Direktur Utama (Dirut) PG Rahmat Pribadi menyatakan, lomba K3 merupakan bentuk partisipasi aktif perusahaan dalam mewujudkan visi K3 nasional. Yaitu, kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 tahun 2020, sekaligus memantapkan moto K3 perusahaan, yakni safety start with me dalam rangka mewujudkan zero accident yang senantiasa dicapai perusahaan.

"Kami ingin aspek K3 dapat terus terjaga dan semakin membudaya. Tak hanya bagi karyawan dan mitra, namun sudah harus melibatkan masyarakat sekitar perusahaan," paparnya.

Untuk lomba kali ini, jenis yang diikuti peserta adalah lomba tanggap darurat (emergency response competition) meliputi pemadaman kebakaran (PMK), breating apparatus (BA), dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Selain itu, lanjut Rahmad, untuk karyawan PG masih terdapat lomba lain, yakni desain poster digital, fotografi, dan gagasan K3.

Rahmad menyatakan, tujuan lomba adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan, kesiapan, dan keterampilan karyawan dan pihak terkait terhadap aspek K3 di lingkungan kerja sekaligus menguji respon terhadap kondisi darurat pabrik.

Aspek K3, kata Rahmad, menjadi sangat relevan di tengah program transformasi bisnis yang tengah digalakkan perusahaan. Menurutnya, Aspek K3 harus bisa memainkan peran penting dalam mendukung pencapaian target transformasi bisnis perusahaan.

"Sebagai contoh, saat ini Petrokimia sudah menjalankan portal eposh.id atau e-portal occupationalsafety and health. Melalui portal tersebut pelayanan K3 bagi karyawan dan perusahaan rekanan atau mitra kerja dapat terakomodasi lebih cepat," jelasnya.

Rahmad lebih jauh menyatakan, penerapan budaya K3 yang melibatkan pihak terkait dan masyarakat sekitar menjadi sangat penting. Pasalnya, PG memiliki kompleksitas fasilitas produksi yang cukup tinggi.

Saat ini, PG memiliki 31 pabrik pupuk dan kimia dengan total kapasitas mencapai 8,9 juta ton per tahun. Kapasitas ini, tambah Rahmad, masih sangat memungkinkan untuk bertambah, mengingat perusahaan memiliki program riset dan inovasi. Tujuannya untuk menjadi pemain utama (dominant player) dan penguasa pasar (market leader) dalam rangka memantapkan posisinya sebagai produsen pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri.

"Semoga budaya K3 dapat memainkan peran strategisnya dalam mendukung upaya perusahaan untuk mendukung program swasembada pangan dan pertumbuhan ekonomi nasional," pungkasnya.(hud/rd)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...