Tergiur Harta Korban, Pemulung di Kota Kediri Dihabisi Pacar Sendiri

Tergiur Harta Korban, Pemulung di Kota Kediri Dihabisi Pacar Sendiri Kedua tersangka bersama barang bukti saat diamankan di Mapolres Kediri. Foto: ARIF KURNIAWAN/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kasus pembunuhan terhadap Sukinem (83) alias Mak Mentil, pemulung yang tinggal di seputaran Pasar Setono Betek, Kota Keediri, terungkap. Polres Kediri berhasil menangkap dua pelaku.

Mereka, Dedi Asmawan (26) dan Ahmad Setiawan (25), keduanya warga Desa Kauman, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Pelaku Dedi Asmawan adalah pacar korban. Sementara Ahmad Setiawan, teman Dedi yang mengantar pelaku ke tempat tinggal korban.

Kapolres Kediri AKBP Anthon Haryadi mengatakan, kedua tersangka berhasil diamankan setelah dalam pengejaran selama hampir setengah bulan. Tersangka Dedi terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di kakinya karena berusaha melarikan diri. “Berkat kerja keras anggota, akhirnya kedua tersangka berhasil kita amankan,” kata Anthon Haryadi dalam rilis pers, Kamis (14/2).

Menurut keterangan sejumlah saksi, pelaku sudah menjalin hubungan asmara sejak tahun 2013 lalu, hampir setiap bulan tiga kali ketemuan dan selalu menjalin hubungan layaknya suami istri. “Pacaran sudah lama sekali, rata-rata tiga kali ketemuan dalam sebulan,” aku Dedi di hadapan petugas.

Masih kata Kapolres, tersangka menghabisi nyawa korban karena ingin memiliki hartanya. Tersangka membunuh dengan cara mencekik leher dan menyumpal mulut korban menggunakan kain. Setelah itu, tersangka kabur dengan melucuti perhiasan emas serta uang korban.

Perhiasan yang digasak tersangka berupa dua buah cincin, dua buah gelang dan uang tunai ssbesar Rp 1,6 juta. Kini tersangka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di sel tahanan.

Lihat juga video 'Terekam Kamera CCTV, Seorang Bapak-Bapak Curi Handphone di Kedai Kopi Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO