Jawa Timur Penyalur KUR Terbesar: Debitur Capai 2,6 Juta, Serap Rp 54,4 Triliun

Jawa Timur Penyalur KUR Terbesar: Debitur Capai 2,6 Juta, Serap Rp 54,4 Triliun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution didampingi Kepala Disnak Jatim Wemmi Niamawati saat mengunjungi stand Disnak Jatim.

BATU, BANGSAONLINE.com - Petani dan perternak saat ini banyak yang sudah memanfaatkan KUR dari pemerintah. merupakan provinsi terbesar yang menyalurkan KUR secara nasional dengan jumlah debitur 2,6 juta peternak dengan total plafon Rp 54,4 triliun. 

"Di Jatim, KUR peternakan rakyat sebesar 175.489 debitur dengan plafon Rp 3,1 triliun," kata Kepala Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir dalam penyaluran KUR peternakan rakyat, di Desa Pandesari, Pujon-Batu, Sabtu (9/02).

(Penyerahan secara simbolis KUR Peternakan Rakyat oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution pada 6 beditur dari bank BRI, BNI dan Mandiri serta penyerahan pembiayaan usaha mikro dan kecil dari Bank Jatim)

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution mengatakan, salah satu fokus pemerintah adalah memberikan akses pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sementara dalam penyediaan lahan mencakup rediva agraria dan perhutanan sosial, serta pendidikan vokasi untuk pilar kapasitas SDM.

Dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2017, pemerintah mengatur tentang KUR khusus. Artinya, KUR diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan rakyat, dan perikanan rakyat.

(Kepala Dinas Peternakan Provinsi , Wemmi Nimawati (berkaca mata, dua dari kanan) saat menyaksikan penyerahan KUR Peternakan Rakyat)

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO