​Gus Ipul Dorong Generasi Millennial Siap Hadapi Era Revolusi Digital

​Gus Ipul Dorong Generasi Millennial Siap Hadapi Era Revolusi Digital Gus Ipul saat membuka Seminar Nasional “Yang Muda Yang Berkarya, Generasi Millenial Optimis Menyongsong Revolusi Media Digital” dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Hotel Garden Palace Surabaya, Kamis (7/2). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mendorong generasi millennial untuk siap menghadapi era revolusi digital. Dalam era yang dikenal sebagai revolusi 4.0 itu, para generasi millennial diminta mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (TI) untuk hal-hal yang positif dan produktif.

“Masa depan bangsa kita bergantung pada generasi millennial, jadi adik-adik ini harus siap,” tegas Gus Ipul-sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim saat membuka Seminar Nasional “Yang Muda Yang Berkarya, Generasi Millenial Optimis Menyongsong Revolusi Media Digital” dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Hotel Garden Palace Surabaya, Kamis (7/2).

Gus Ipul mengatakan, banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan dalam era revolusi digital. Di antaranya, membuat bisnis start up, berdagang di marketplace, dan belajar sesuai disiplin ilmunya secara online, termasuk yang terdekat, menciptakan suasana yang kondusif di dunia maya menjelang Pemilihan Presiden RI (Pilpres).

“Seluruh rakyat Indonesia ingin Tahun 2019 ini benar-benar jadi pesta demokrasi, bukan sebaliknya,” kata Gus Ipul sembari menambahkan bahwa generasi millennial harus membantu pemerintah dalam memerangi berita palsu atau hoax.

Ketua PBNU ini melanjutkan, terdapat berbagai tantangan yang dihadapi generasi millennial dalam era revolusi 4.0. Di antaranya, menurut penelitian, masih banyak anak-anak muda yang lebih suka memanfaatkan gadget-nya untuk ngerumpi di medsos, daripada kegiatan yang lebih produktif.

“Rata-rata orang Indonesia hanya tahan 7 menit tanpa gadget, padahal orang Eropa bisa tahan 3,5 jam tanpa gadget,” imbuh Gus Ipul.

Kakak kandung Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf ini menambahkan bahwa lamanya penggunaan gadget masyarakat Indonesia tersebut tentu sangat disayangkan, jika hanya memindahkan obrolan di darat ke obrolan di medsos.

Karena itu, lanjut wagub kelahiran Pasuruan ini, dirinya mengapresiasi seminar nasional ini. Menurutnya, seminar ini akan memacu generasi millennial mampu memanfaatkan teknologi dengan benar.

Lihat juga video 'Hidroponik, Budi Daya Menanam Favorit Petani Millenial ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO