Pelantikan Perangkat Desa Kandangan Ngawi Diwarnai Demo Ratusan Warga

Pelantikan Perangkat Desa Kandangan Ngawi Diwarnai Demo Ratusan Warga Kades Kandangan Sukiran saat menemui pendemo dengan dikawal polisi. foto: ZAINAL ABIDIN/ BANGSAONLINE

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Pelantikan tiga perangkat Desa Kandangan, Kecamatan/Kabupaten Ngawi diwarnai demo yang dilakukan oleh ratusan warga, Rabu (06/02). Ratusan massa itu menyerbu Balai Desa Kandangan, lokasi pelantikan perangkat desa.

Aksi demo warga desa dipicu lantaran Sukiran sebagai Kepala Desa Kandangan tidak menepati kesepakatan hasil musyawarah desa (Musdes) yang dilaksanakan pada 3 Januari 2019 lalu. Hasil musdes tersebut menyepakati tidak akan ada pelantikan, melainkan dilakukan ujian ulang tiga perangkat desa yang kosong.

Diadakannya musdes beberapa waktu lalu itu disebabkan ujian perangkat desa yang diikuti oleh 56 peserta untuk lowongan tiga perangkat desa, dinyatakan cacat hukum. 

Bahkan aksi demo semakin memanas lantaran keinginan warga untuk bertemu Sukiran selaku Kades Kandangan tidak bisa dipenuhi. Sukiran baru terlihat batang hidungnya menemui pendemo dengan pengawalan ketat petugas kepolisian, setelah para pendemo melakukan orasi sekitar satu jam.

Di hadapan Sukiran, massa meminta agar pelantikan ketiga perangkat desa itu dibatalkan dan didiskualifikasi semuanya. 

Menanggapi hal ini, Sukiran menjelaskan bahwa pelantikan perangkat desa itu tidak bisa dibatalkan. Ia mengaku telah mendapatkan mandat dari Bupati Ngawi yang disampaikan melalui Camat Ngawi.

"Pelantikan perangkat desa yang sudah lolos melalui ujian tetap dilaksanakan hari ini sesuai mandat dari Bupati Ngawi yang disampaikan kepada bapak camat Ngawi," jelas Sukiran saat menemui pendemo.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO