PI 10 Persen, Pintu Rakyat Jawa Timur menuju Sejahtera

PI 10 Persen, Pintu Rakyat Jawa Timur menuju Sejahtera Setiajit, S.H., M.M, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur adalah provinsi besar yang dikenal sebagai provinsi agraris, mengingat mayoritas warganya bekerja di sektor pertanian. Tak heran, provinsi paling Timur pulau Jawa ini mendapat predikat lumbung pangan nasional. Namun, saat ini Jatim tak hanya sekedar lumbung pangan nasional. Bisa dikata, Jatim juga adalah lumbung migas nasional.

Predikat ini bukan tanpa dasar, karena banyaknya potensi minyak dan gas di Jawa Timur. Menurut Setiajit, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim, total sampai hari ini tercatat ada 39 Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) di seluruh wilayah Jatim. Potensi migas itu ada di darat (onshore) maupun di bawah laut (ofshore). Hal itu ditandai dengan adanya 39 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Bila dibandingkan provinsi lain yang kaya migas seperti Riau dan Kalimantan Timur (Kaltim) memang hasil migas Jatim masih kalah. Namun potensi migas Jatim sesungguhnya memiliki prospek bagus. Pasalnya, Provinsi Riau dan Kaltim potensi migasnya rata-rata sudah dalam tahap eksplorasi dan eksploitasi atau produksi. Sehingga cadangan migasnya semakin menipis.

Sebaliknya, potensi migas di Jatim mayoritas baru tahap eksplorasi. Dari 21 WKP yang masuk tahap eksplorasi, 3 diantaranya masih dalam proses penawaran. Sementara 18 WKP sudah berproduksi.

Fakta ini menjadi angin segar bagi rakyat Jawa Timur, paling tidak ada peluang menuju kemakmuran lewat pintu participating interest (PI). Atau PI 10 persen yang menjadi jatah provinsi.

Ini menjadi berkah bagi provinsi maupun kabupaten yang kaya sumberdaya alam, terutama migas. Bila di masa lalu, daerah hanya menjadi “obyek penderita”, karena menerima dampak kerusakan lingkungan dan kesehatan. Kini, daerah punya hak partisipasi untuk mendapatkan keuntungan.

“PI 10 persen ini bisa menjadi pintu kesejahteraan bagi Jawa Timur. Bayangkan bila seluruh WKP sudah menerima hak partisipasi 10 persen. Tentunya tambahan pendapatan asli daerah (PAD) yang luar biasa. Belum lagi dengan corporate Social Responbility atau csr. Bila PI 10 persen dan CSR dikelola dengan baik, maka pertambangan bukan kutukan. Sebaliknya berkah bagi rakyat,” tutur Setiajit, belum lama ini.

Irwan Setiawan SIP, Anggota Komisi C DPRD Jatim. foto: m didi rosadi

.

Anggota Komisi C DPRD Jatim yang membidangi Keuangan dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Irwan Setiawan mengakui, potensi PI 10 persen dari pertambangan sangat signifikan untuk mendongkrak keuangan provinsi. Karena itu, pihaknya mendorong kesiapan Petrogas Jatim Utama (PJU) sebagai BUMD milik provinsi untuk mengelola hak partisipasi ini.

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO