Ceramahnya Dianggap Diskreditkan Banser dan NU, Sa'dullah Dilaporkan ke Polisi

Ceramahnya Dianggap Diskreditkan Banser dan NU, Sa Cuplikan video Sa'dullah (kanan) saat sedang ceramah dalam Haul Mbah Turagan di Malang yang beredar di YouTube.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sa'dullah, warga Sukorejo, Pasuruan, yang juga dikenal tokoh masyarakat setempat dilaporkan ke Polres Pasuruan oleh Syaifuddin, Ketua Forum Diskusi Ar Roudloh, Senin (7/1).

Laporan tersebut pasca sebuah video yang berisi Sa'dullah sedang ceramah dalam peringatan Haul Mbah Kyai Syahid (Mbah Turagan) di Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang beredar di media sosial YouTube. Video yang sudah beredar ke publik itu diupload oleh Abd. Mukti, warga Pasrepan, Kecamatan Kejayan, Kab. Pasuruan.

Usai melapor, Syaifuddin menjelaskan alasannya mengadukan Sa'dullah ke polisi lantaran isi ceramahnya dinilai menghina NU (Nahdlatul Ulama), khususnya Banser. "Tayangan video berdurasi 15 menit oleh seorang tokoh asal Sukorejo, isi ceramahnya dianggap ada unsur kebencian. Itu telah jadi perbincangan dan cukup meresahkan masyarakat, khususnya wilayah Pasuruan," terang Syaifuddin didampingi Totok Abdurahman, Ketua LSM Pasdewa.

Hal yang sama disampaikan Totok. Menurutnya, ceramah yang disampaikan Sa'dullah mengandung penghinaan terhadap NU dan pencemaran nama baik. "Sebagai tokoh masyarakat, apa yang disampaikan Sa'dullah tidak patut dan bikin resah warga Pasrepan, Kecamatan Kejayan, khususnya nahdliyin. Mereka merasa tersinggung, apalagi beredar di medsos beberapa hari yang lalu," kata Totok.

"Kita meyakini di dalamnya diduga ada terhadap kelompok organisasi Banser, serta penghinaan terhadap organisasi NU. Karena itu, berdasarkan hasil temuan di lapangan yang sudah kami diskusikan beberapa waktu lalu, kami melaporkan Sa'dullah ke polisi atas indikasi melanggar Pasal 27 ayat 3 UU ITE dan Pasal 45 ayat 1 UU ITE," pungkasnya. (psr5/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO