Survei SSI Kota Kediri, Jokowi-Ma’ruf Unggul di Basis PAN

Survei SSI Kota Kediri, Jokowi-Ma’ruf Unggul di Basis PAN Direktur SSI Joni Elgran saat memaparkan hasil survei di Kota Kediri. Foto: ARIF KURNIAWAN/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Meski pemilihan presiden masih kurang sekitar empat bulan lagi, peta politik di terus bergerak. Menariknya, dari hasil survei Sindikasi Survei Indonesia (SSI) menunjukkan, yang merupakan basis PAN, karena peraih kursi terbanyak di DPRD dan wali kota juga dari PAN, namun masyarakat tingkat bawah cenderung memilih Jokowi.

Partai Amanat Nasional (PAN) yang sejauh ini, terutama di kalangan elit mengusung Prabowo-Sandi, justru mayoritas pemilihnya lebih tertarik dengan capres Joko Widodo (Jokowi).

Survei tersebut menyebutkan, hampir 44 persen pemilih PAN memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, dan hanya 9 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dan beberapa persen masih belum menentukan pilihan. 

“Dari hasil survei, masyarakat mayoritas sekitar 70 persen memilih Jokowi - Ma'ruf Amin dan hanya angka di bawah 10 persen untuk pasangan Prabowo-Sandiaga Uno dan beberapa persen masih belum menentukan pilihan,” kata Direktur SSI Joni Elgran saat memberikan keterangan usai menggelar press rilis hasil survei, Kamis (3/1/19).

Menurut Joni, ini menjadi pekerjaan berat buat lawan-lawan politik Jokowi, agar bekerja lebih ekstra dan ini menjadikan PR buat PAN untuk bisa mendominasi seperti tahun 2014 lalu. 

“Kita tahu, untuk tahun 2019 masyarakat masih rasional. Artinya money politic tidak terlalu berpengaruh di sini, dan masyarakat lebih suka capres yang lebih memaparkan program program mereka,” ungkapnya.

Untuk itu, Joni memberikan rekomendasi dengan melihat isu yang berkembang selama ini, beberapa daerah mengalihkan dukungannya dari partai-partai oposisi mengalihkan dukungannya ke Jokowi, itu harus dilakukan untuk kelangsungan partai PAN itu sendiri. Dilihat dari survei yang dilakukan, Joni menilai sulit untuk bisa mempertahankan atau meraih target enam kursi ke atas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO