Marak 'Pencurian' Kayu Sonokeling di Pasuruan, Penebangan Diduga Salahi Rekomendasi

Marak Hasil curian kayu Sonokeling diangkut truk. foto: ist.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelebaran Jalan Kabupaten memang perlu banyak pengorbanan. Selain kepras tanah dan rumah, juga kepras pohon sana sini. Namun, pengeprasan pohon ini diduga dimanfaatkan sejumlah oknum untuk mengeruk keuntungan.

Para pegiat di medsos FB di , serta grup WA lagi gencar menyuarakan pencurian kayu Sonokeling. Mereka mengungkapkan ada yang memanfaatkan faktor ekonomis kayu sonokeling.

Menurut keterangan M. Bambang, salah satu anggota LSM pegiat lingkungan, Pemkab mempunyai program pelebaran jalan sejak tahun anggaran 2016 lalu dan 2018. Sebagai leading sector adalah PU Bina Marga setempat.

Dia mengungkapkan, bahwa dalam pelaksanaan pembangunan pelebaran jalan Sukorejo Bangil pada ruas jalan Sukorejo Wonokerto di tahun lalu, tanaman pohon sonokeling di sepanjang jalan tersebut ditebang oleh pencuri. Kawanan pencuri pohon yang ditanam sebagai penyanggah jalan itu diduga bekerja sama dengan pengusaha kayu di Dayurejo Kecamatan Prigen.

"Pohon Sonokeling itu marak dicuri secara ekonomis harga capai ratusan juta per pohon. Ulah penebangan liar itu disinyalir ada keterlibatan pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Beberapa pegiat sudah melaporkan ke Polres . Terlapor pencuri kayu oknum pengusaha penadah kayu dan pegawai Dinas PU Bina Marga. Nampaknya, sejak tahun lalu proses penyelidikan oleh Polres jalan di tempat. Dan tidak ada anggota LSM pelapor mengawal," ungkapnya.

Tidak hanya itu, menurut Bambang, pencurian kayu sonokeling kembali terulang di ruas jalan Pandaan Bangil. Tepatnya di Desa Bujeng Kecamatan Beji Kab. . Ada 7 pohon yang ditebang. Padahal hanya ada 3 izin tebang pohon.

"Saat ditemui, pelaku pencuri ngaku tim sukses Bupati yang tidak dikasih proyek. Sehingga nekat tebang pohon sonokeling penyanggah jalan," kata Bambang.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO